KKB yang Ditangkap di Aceh Timur Diduga Jaringan Mujahidin

Amunisi dan senjata yang disita dari kelompok KKB. (Foto: Polda Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Aceh Timur kembali ditangkap pihak kepolisian, pada Rabu malam (24/4). Kali ini, kelompok yang dilumpuhkan itu diduga berasal dari jaringan Mujahidin.

Itu terlihat dari dua lembar surat Al-quran tentang Mujahidin dan Tasbih yang diperoleh dari kelompok itu saat dilakukan penangkapan. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polisi Daerah Aceh Komisaris Besar Polisi Ery Apriono tak menampik, bahwa KKB ini masih diduga jaringan Mujahidin.

Baca: Polisi Lumpuhkan Kelompok Kriminal Bersenjata di Aceh Timur

Ads

“Jadi KKB ini adalah dari jaringan Mujahidin yang dulu pernah melakukan aksi-aksi tindak pidana. Mereka ini memang sudah jaringan Mujahidin,” kata Ery saat diwawancarai wartawan ruang kerjanya, Jumat (26/4).

Baca: 2 anggota kriminal bersenjata di Aceh Timur ditangkap Polisi

Polda Aceh juga masih menelusuri soal senjata yang digunakan oleh kelompok kriminal ini untuk melancarkan aksinya. Kemudian mengejar gerombolan lainnya yang diduga masih banyak yang belum tertangkap.

“Masih kita dalami soal senjata yang dipakai, apakah bekas senjata konflik atau senjata yang mereka dapatkan dengan cara ilegal,” ujar Ery.

Sebelumnya, pada Rabu malam, 24 April 2019 lalu, polisi kontak senjata dengan tiga orang KKB di Aceh Timur. Dalam peristiwa itu, satu anggota KKB tewas dengan luka tembak, kemudian satu ditangkap dan seorang lagi berhasil melarikan diri. [Randi]

Ads