Nova Iriansyah Dukung Pergub Tunjangan Meugang Bagi Pekerja

Pemerintah Aceh menghadiri aksi May Day buruh Aceh. (Kanal Aceh/Randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Aliansi Buruh Aceh (ABA) meminta agar Pemerintah Aceh, membuat peraturan Gubernur terkait tunjangan Meugang bagi buruh/pekerja yang ada di Aceh.

Ketua Aliansi Buruh Aceh, Syaiful Mar mengatakan, permintaan mereka sudah hampir tiga tahun disuarakan. Tapi hingga saat ini Pergub Meugang itu belum juga digodok oleh pemerintah.

“Ini meugang mau tiba, tapi belum ada realisasi tunjangan meugang, ini bisa jadi persoalan besar dikalangan buruh/pekerja,” kata dia saat menggelar aksi May Day di Depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Rabu (1/5).

Ads

Sejumlah perusahaan di Aceh selama ini, kata Saiful, sudah ada yang memberikan tunjangan meugang bagi buruh. Namun, masih banyak juga perusahaan belum memberikan tunjangan Meugang.

Diterbitkannya Pergub Meugang nantinya diharap ada keserasian pemberian tunjangan bagi buruh. “Jumlahnya (nominal meugang) tergantung dari kemampuan perusahaan,” sebutnya.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengaku kaget mendengar pergub Meugang bagi pekerja belum juga rampung. Padahal, tradisi ini bagian dari budaya masyarakat Aceh yang sudah turun temurun.

Ia menginstruksikan Dinas Tenaga Kerja Aceh, sebagai leading sektor segera menyelesaikan pergub tersebut. “Soal Pergub saya sudah instruksikan pada Pak Kadisnaker, agar ini segera di rampungkan secepatnya,” katanya. [Randi]

Ads