Mahfud MD Minta Maaf soal Polemik Pendukung Prabowo Garis Keras

Kesenjangan Sosial dinilai memantik konflik di Tanah Air
Mahfud MD. (Media Indonesia)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menyampaikan permohonan maaf karena ucapannya soal pendukung Prabowo Subianto berasal dari daerah garis keras. Ia memahami istilah ucapannya bisa dipahami dengan sudut pandang yang tidak sama.

Dia menekankan garis keras yang dimaksudnya sebagai istilah sikap kokoh, tidak mau berkompromi dengan pandangan yang tidak sejalan.

Baca: Mualem Sebut Pernyataan Mahfud MD Berpotensi Memecah Belah

Arti garis keras di dlm literatur ” is an adjective describing a stance on an issue that is inflexible and not subject to compromise”. Arti ini tak bs dicabut krn sdh jd term dlm ilmu politik scr internasional. Tp bg yg salah memahami penggunaan istilah ini sy minta maaf,” ujar Mahfud dikutip dari akun Twitternya, @mohmahfudmd, Rabu (1/5).

Dia meminta agar semua pihak lebih baik fokus mengawal proses penghitungan suara pemilu. Kata dia, dalam sistem demokrasi mestinya semua harus mendapatkan keadilan.

Baca: Nasir Djamil Desak Mahfud MD Minta Maaf ke Warga Aceh

Daripada sy dituding “mau membelokkan isu” dari kecurangan pemilu maka sy takkan memperpanjang polemik. Mari kita kawal sj ber-sama2 proses pemilu ini krn jalannya msh panjang. Semua hrs mendapat keadilan sesuai tuntutan demokrasi. Demokrasi hrs selalu diimbangi hukum (nomokrasi),” demikian cuitan tambahan Mahfud.

Imbas ucapan Mahfud memang banyak kritikan tetuju kepada pakar hukum tata negara tersebut. Sejumlah pihak mulai dari tokoh Aceh, Sulawesi Selatan sampai Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengkritisi Mahfud yang juga menjabat anggota Dewan Pengarah Badan Pemmbinaan Ideologi Pancasila.

Pernyataan Mahfud dianggap tak tepat karena dinamika saat ini sedang panas tensinya karena menunggu proses penghitungan suara Pemilu 2019. [VIVA.co.id]

Related posts