Warga Singkil Resah Hewan Ternak Berkeliaran di Malam Hari

Hewan ternak warga yang berkeliaran. (Rahmat)

Singkil (KANALACEH.COM) – Hewan ternak sapi milik warga yang berkeliaran di jalan semakin meresahkan pengguna jalan. Tepatnya di sepanjang jalan Desa Selok Aceh Ujung Bawang, Pea Bumbung hingga Suka Damai.

Disana banyak berkeliaran ternak warga, serta meninggalkan kotoran di sepanjang jalan.

Kejadian ini telah berlangsung lama, dan dari pihak yang punya ternak, seperti melakukan pembiaran hewan ternaknya tersebut berkeliaran di jalanan.

Ads

Salah satu warga Pemuka menjelaskan, dirinya dan warga lain sangat dirugikan akan berkeliarannya hewan ternak itu. Apalagi ini di bulan suci ramadhan. “Kami harus membersihkan kotoran sapi itu setiap pagi,” kata seorang warga, Rabu (22/5).

Kehadiran ternak warga itu dapat membahayakan para saat melintas. Bahkan sampai puluhan ekor bergerombolan menutup jalan.

“Kami meminta dinas terkait tentang masalah ini agar dapat menertibkan hewan yang berkeliaran tersebut, bukan hanya meninggalkan kotorannya, sapi itu juga mengeluarkan aroma bau yang tak sedap,” tutur warga.

Padahal dalam Qanun Kabupaten Aceh Singkil Nomor: 04 tahun 2003 tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan/Ternak Dalam Kabupaten Aceh Singkil dalam BAB ll Pasal 2 di jelaskan, daerah yang dilarang memelihara, mengandangkan atau memeliahara dan melepaskan hewan ternak sembarangan. [Rahmat]

Ads