Menengok Suasana Itikaf di Masjid Oman Banda Aceh

Jemaah itikaf membaca Alquran di Masjid Oman Banda Aceh. (Hendri/Rencongpost)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jamaah melakukan itikaf malam ke-21 Ramadhan di Masjid Agung Al Makmur, Lamprit atau yang lebih dikenal dengan Masjid Oman, Banda Aceh, Minggu (26/5).

Umat Muslim di 10 hari terakhir Ramadhan melakukan ibadah itikaf. Dengan harapan akan mendapatkan malam seribu bulan atau malam Lailatul Qodar.

Suasana hening dan khusuk begitu terasa. Beberapa pria terlihat sedang membaca Alquran, sebagian lainnya sedang tiduran. Di bagian belakang, yang dipisahkan pembatas terlihat sejumlah jemaah putri sedang tadarus. Sejuknya pendingin ruangan dan pengaturan cahaya yang redup membuat suasana terasa lebih khusuk.

Ads

Jemaah berasal dari berbagai profesi dan usia, mulai dari orang tua, remaja bahkan anak kecil. Hal ini sangat positif karena megajarkan generasi muda untuk lebih mendekatkan diri dan mengingat Allah SWT.

Mereka mengisi malam dengan berbagai macam kegiatan ibadah, seperti salat sunnah, membaca Alquran, berzikir, dan tafakur. Tepat pukul 3 dini hari mereka melaksanakan salat lail berjamaah dilanjutkan dengan makan sahur bersama, namun sebagian memilih untuk pulang ke rumah masing-masing.

Dalam i’tikaf Ramadan tahun ini, ada jemaah yang melaksanakan penuh hingga akhir Ramadan. Namun sebagian yang masih beraktivitas di siang hari kembali ke rumah masing-masing usai melaksanakan shalat isyraq.

“Saya biasanya sebelum memasuki waktu Imsyak, pulang ke rumah, besoknya kembali lagi hingga akhir puasa,” ujar Nasrul yang merupakan jemaah i’tikaf. [Randi]

Ads