BPOM: Parcel Lebaran di Banda Aceh Aman

BPOM melakukan sidak di sejumlah pusat perbelanjaan di Banda Aceh. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Banda Aceh melakukan sidak ke sejumlah tempat penjualan parcel. Inspeksi yang dilakukan secara tiba-tiba itu, untuk memeriksa dan mengawasi produkberbahaya menjelang hari raya Idul Fitri.

Pengawasan sejumlah produk barang makanan ini berlangsung di swalayan, mall, dan sejumlah toko yang menyediakan kemasan parcel di kota Banda Aceh.

Pantauan dilokasi, seperti halnya di gerai kawasan masjid raya Baiturrahman, parsel ragam ukuran dan kemasan itu tersusun di halamannya, kemudian petugas BPOM meminta penjual membuka salah satu kemasan parsel sebagai sampel untuk mengecek produk-produk yang ada di dalamnya.

Ads

Baca: Jelang Lebaran, Pemerintah Aceh Sidak Pusat Perbelanjaan

Kepala BPOM Banda Aceh, Zulkifli, mengatakan, pengawasan itu berlangsung mengingat Idul Fitri hanya tinggal hitung hari, sehingga petugas harus memastikan setiap produk makanan dan parsel yang dibeli masyarakat harus dalam kondisi aman.

“Kita turun bersama tim satgas pangan dan lintas sektor terkait melakukan pengawasan menjelang hari raya Idul fitri. Target utama adalah produk-produk pangan olahan yang tanpa izin edar, produk kadaluarsa, dan yang rusak,” kata Zulkifli, Jumat (31/5) saat melalukan pemantauan.

Hasil sementara dari sidak dilakukan BPOM, kata Zul, institusinya belum menemukan adanya produk atau parsel lebaran yang rusak. Seluruh produk makanan itu dipastikan aman dan layak untuk dikonsumsi.

“Dipastikan aman kita tidak menemukan produk tanpa izin edar, kemasan rusak, atau yang kadaluarsa,” ujarnya.

Kendati demikian, zul mengajak masyarakat tetap berhati-hati dan memeriksa terlebih dahulu produk yang hendak dibeli untuk kebutuhan Idul fitri. Dengan cara memahi Cek Klik yaitu cek kemasan, cek label, cek izin edar, dan cek kadaluarsanya. [Rino Babahrot]

Ads