Ribuan Wisatawan Menumpuk di Pelabuhan Balohan Sabang

--Ads--

Sabang (KANALACEH.COM) – Hingga akhir masa cuti bersama, antrian wisatawan dan Kenderaan milik wisatawan baik roda empat maupun roda dua masih memadati area Pelabuhan Balohan Sabang, Senin (10/06).

Supervisi Lintas Uleelheue – Balohan ASDP Aceh Husaini mengatakan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin, untuk mengatasi penumpukan kenderaan di area Pelabuhan Balohan Sabang.

Jumlah penumpang yang diberangkatkan menggunakan kapal cepat dan kapal Roro dari Pelabuhan Balohan menuju Pelabuhan Ulee-lheue Banda Aceh mencapai 1.600 sampai 2.000 penumpang.

Ads

Sedangkan untuk kenderaan roda dua perhari dapat diangkut menggunakan kapal Roro sekitar 400 unit dan kenderaan roda empat sekitar 100 Unit per harinya.

Husaini menjelaskan, kapal penyeberangan saat ini melakukan penambahan jadwal perjalanan. Dimana semula dua trip sehari menjadi empat sampai lima trip perhari.

Lanjut dikatakan, untuk sementara kenderaan golongan besar seperti Truk dan Cold diesel ditunda keberangkatannya, demi mengantisipasi tumpukan kenderaan baik di Pelabuhan Balohan Sabang maupun di Pelabuhan Uleelheue Banda Aceh. Kecuali, kata dia kenderaan besar yang membawa kebutuhan sembako untuk kebutuhan masyarakat di Sabang.

Husaini menyarankan kepada para pemilik kenderaan agar sedikit bersabar, karena jadwal trip keberangkatan kapal Roro sudah kita tambah tinggal prosesnya saja dan mudah-mudahan cuaca juga mendukung, tambahnya.

Sementara sejumlah wisatawan keluhkan pelayanan di pelabuhan, dimana toilet(kamar mandi) mengeluarkan bau tidak sedap akibat tidak ada air bersih, dan jumlah armada yang samapai saat ini belum juga ditambah.

Bahkan, ada beberapa wisatawan sampai menjual hand phone miliknya untuk kebutuhan makan dan ongkos beli tiket karena sudah menginap di di pelabuhan dan kehabisan uang. [DA]

Ads