Sudah 351 Hektare Lahan Terbakar di Aceh

Titik panas kembali muncul di Aceh
Pemadaman kebakaran lahan. (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejak tanggal 1 Juli 2019, kebakaran lahan di Aceh terus meluas. Informasi yang diperoleh dari Badan Penangulangan Bencana Aceh (BPBA) hingga kini, sudah 351,15 Hektare lahan terbakar.

Daerah yang paling parah terkena bencana kebakaran lahan ialah di Aceh Barat. Di daerah ini jumlah lahan terbakar mencapai 219 Hektare. Kemudian Nagan Raya 37 Hektare, Aceh Besar 22,5 hektare, Aceh Singkil 5 hektare.

Selanjutnya Aceh Barat Daya 3 hektare, Aceh Selatan 3,5 hektare, Aceh Jaya 2 hektare, Aceh Tengah 2 hektare, Bener Meriah 1 hektare, Banda Aceh 2 hektare dan Sabang seluas 2 hektare.

Kepala BPBA T Ahmad Dadek mengatakan, dari total luas lahan yang terbakar, baru 90 persennya dapat dipadamkan. Sementara sisanya masih dilakukan upaya pemadaman.

“Sejak tanggal 1 Juli sampai saat ini sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Aceh seluas ± 351.15 Hektare dengan kondisi 90 persen dapat dipadamkan dan 1 kabupaten lagi masih diupayakan,” kata Dadek saat dikonfirmasi, Kamis (18/7).

Upaya yang dilakukan BPBA saat ini yaitu mengirimkan bantuan mobil tangki air, peralatan karhutla dan bantuan logistik lainnya.

Meski demikian, akibat luasnya daerah yang terbakar dan jauhnya sumber air membuat pihaknya kesulitan untuk menjangkau titik api. [Randi]

Related posts