JCH Aceh Mulai Terima Dana Baitul Asyi Sebesar SR 1.200

(Foto: Kemenag Aceh)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jemaah Calon Haji (JCH) Aceh yang sudah berada di Mekkah mulai menerima dana wakaf Baitul Asyi.

Pembagian tersebut diawali dengan penyerahan dana kepada JCH Kloter 01, yang diserahkan langsung oleh Syeih DR. Abullatif Baltou selaku Nazir wakaf di Mushalla Ghasalah 228 Syisyah, Mekkah, Minggu (28/7).

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh Daud Pakeh memebenarkan bahwa JCH Aceh telah menerima dana wakaf baitul Asyi di hotel tempat jemaah tinggal. Kemudian, besok akan dilanjutkan kepada kloter berikutnya.

Ads

Baca: Sarah Artsila JCH Termuda dari Kuta Tuha

Ia menjelaskan, JCH Aceh kloter 1 yang menerima dana tersebut berasal dari Pidie, Pidie Jaya, Aceh Utara dan Sabang ditambah 5 orang petugas Kloter. Sedangkan kloter 2 berasal dari Aceh Timur, Banda Aceh dan Aceh Besar. Dengan besaran dana masing-masing menerima SAR 1200 atau sekitar Rp 4,5 juta.

“JCH Aceh kloter 1 telah menerima dana wakaf baitul Asyi di hotel tempat jemaah tinggal, untuk kloter berikutnya dilanjutkan besok,” ujar Daud Pakeh melalui keterangannya.

Penyerahan dilakukan dengan cara tim dari Baitul Asyi menemui langsung jamaah di masing-masing hotel untuk pembagian dana tersebut. Jamaah diharuskan menunjuk kartu baitul asyi yang telah diserahkan oleh panitia saat keberangkatan.

Sementara itu, petugas Baitul Asyi yang berada di Mekah, Jamaluddin mengatakan tahun ini uang konpensasi perumahan atau lebih dikenal baitul Asyi untuk JCH Aceh sebesar SR 1.200, ditambah hadiah 1 Al Qur’an untuk masing masing jamaah calon haji Aceh.

“Adapun jumlah keseluruhan yang akan menerima dana baitul Asyi tahun 1440 H/2019 M sebanyak 21 Milyar lebih yang akan dibagikan untuk 4.688 jamaah calon haji Aceh,” ujar Jamal.

Sebelum penyerahan dana baitul Asyi, Syekh Baltou menyampaikan pesan kepada JCH Aceh, diantaranya agar uang wakaf habib bugak Asyi yg diberikan kepada CJH Aceh agar mempergunakan kepada hal hal bermanfaat. Dan diminta untuk tidak membelanjakan hal-hal yang tidak bermanfaat. [Randi]

Ads