5 Calon Terkuat Pemain Terbaik FIFA 2019 per Agustus

(foto: Tempo.co)
--Ads--
loading...

(KANALACEH.COM) – Penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2019 hanya tinggal berjarak satu bulan lagi. Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) tersebut sudah merilis daftar 10 nominasi penghargaan yang tahun lalu dibawa pulang oleh Luka Modric.

Sejak 2016, penghargaan Pemain Terbaik FIFA tidak lagi digabung dengan Ballon dOr seperti pada edisi 2010-2015. Namun, format penentuan pemenang tetap sama, yakni dipilih oleh kapten dan pelatih tim nasional serta perwakilan media dari negara anggota FIFA.

Para voters diwajibkan memilih tiga nama untuk dijagokan sebagai pemenang. Nama pertama mendapat lima poin, sementara yang kedua diganjar tiga poin, dan nama terakhir hanya satu poin. Dari 10 nama, nantinya hanya terdapat tiga besar yang berpeluang menyabet penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2019.

Ads

Sebelum malam penganugerahan di Milan, Italia, pada 23 September 2019, berikut lima nama yang layak dijagokan sebagai pemenang per bulan kalender kedelapan, melansir dari Okezone, Rabu (14/8).

  1. Eden Hazard

Pencapaian Eden Hazard pada musim 2018-2019 bisa dikatakan cukup gemilang bersama klub lamanya, Chelsea. Pemain berkebangsaan Belgia itu sukses mengantar Si Biru menjadi juara Liga Eropa 2018-2019 serta finis di peringkat tiga Liga Inggris.

Eden Hazard kini tak lagi berseragam Chelsea. Sebab, pemain berusia 28 tahun itu resmi pindah ke Real Madrid per Juni 2019 dengan mahar mencapai 100 juta Euro (setara Rp1,58 triliun). Akan tetapi, start sebagai penggawa Los Blancos cukup lambat.

Kakak dari Thorgan Hazard itu baru mencetak satu gol dari tujuh laga pramusim. Namun, pencapaian gemilang musim lalu tetap bisa mendongkrak nama Eden Hazard sebagai kandidat peraih Pemain Terbaik FIFA 2019.

  1. Sadio Mane

Status sebagai top skor Liga Inggris, kampiun Liga Champions, dan Finalis Piala Afrika, tentu membuat Sadio Mane patut diperhitungkan sebagai calon pemenang. Apalagi, pemain berdarah Senegal itu termasuk dalam susunan 11 terbaik di Piala Afrika 2019.

Sayangnya, Sadio Mane gagal membawa negaranya berjaya di Piala Afrika 2019. Pun begitu, pencapaian musim lalu terlalu sayang untuk tidak dianggap. Sadio Mane sukses mencetak 26 gol di Liga Inggris serta berandil besar dalam membawa Liverpool menjuarai Liga Champions 2018-2019.

Sebanyak 26 gol disarangkan Sadio Mane di Liga Inggris, sementara pada Piala Afrika 2019, torehan tiga golnya hanya kalah dari Odion Ighalo yang mengemas lima gol. Dua pencapaian tersebut sudah pantas untuk memasukkan nama Sadio Mane di daftar unggulan.

  1. Cristiano Ronaldo

Penyerang berkebangsaan Portugal ini memang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Peraih lima gelar Pemain Terbaik FIFA itu memang tidak mencatatkan prestasi gemilang di level klub, tetapi mengantar Timnas Portugal menjuarai UEFA Nations League A.

Cristiano Ronaldo memiliki handicap berupa kegagalan meraih gelar Liga Champions di level klub bersama Juventus. Meski menjadi kampiun Liga Italia, pemain berusia 34 tahun itu gagal menyandang status sebagai top skor.

Trofi UEFA Nations League A memang bisa saja menjadi penyelamat kehadiran Cristiano Ronaldo di daftar nominasi. Akan tetapi, prestasi tersebut sepertinya hanya akan dianggap sebelah mata oleh para pemilih.

  1. Virgil van Dijk

Kukuhnya lini belakang Liverpool tak bisa dilepaskan dari sosok Virgil van Dijk. Pemain berkebangsaan Belanda itu menjadi sosok krusial di belakang kesuksesan Si Merah menorehkan 97 poin di Liga Inggris 2018-2019.

  1. Lionel Messi

Kandidat terdepan siapa lagi kalau bukan Lionel Messi. Meski gagal mengantar Barcelona meraih gelar juara Liga Champions 2018-2019, prestasi La Pulga musim lalu tetap ciamik. Pemain asal Argentina itu menyabet gelar juara Liga Spanyol 2018-2019 serta top skor dengan 36 gol. []