TIG Gelar Bursa Inovasi Desa di Kecamatan Lapang

(ist)
--Ads--
loading...

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Tim inovasi gampong (TIG) Kecamatan Lapang menggelar bursa inovasi desa perdana dalam Kabupaten Aceh Utara, di halaman kantor camat setempat.

Bursa inovasi desa ini memperkenalkan inisiatif atau kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat, yang dinilai inovatif, yang berkembang di masyarakat serta dalam mendukung peningkatan kualitas pembangunan.

Dalam kegiatan tetsebut turut hadir Geuchik, ketua Tuha Peut dan perwakilan tokoh perempuan mengisi kartu komitmen, yang selanjutnya akan di replikasikan dalam APBDes 2020, serta memberikan ide inovatif desa yang di tuangkan dalam kartu ide.

Ads

“Bursa inovasi tahun ini kami laksanakan sekaligus acara expo gampong dalam Rangka HUT RI ke 74. Bursa inovasi desa pada hari ini dibuka oleh Camat Lapang mewakili Bupati Aceh Utara,” ujar ketua TPIG Lapang Muhammad Rizal, Sabtu (17/08).

Kegiatan ini akan Berlangsung 2 hari mulai 17-18 Agustus 2019.

Camat Lapang, Surya Pachta mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif, atau inovasi msasyarakat yang berkembang di desa.

Dikatakannya, lewat bursa inovasi desa dapat menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah. Serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa, dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif.

Camat Lapang mengharapkan dengan di selenggarakan kegiatan tersebut, semoga dapat terlaksana dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan. “Kita melaksanakan kegiatan BID ini berbarengan 17 Agustus sekaligus expo gampong untuk memotivasi desa untuk lebih kreatif dan inovatif,” harapnya. [Rajali Samidan]