182 Fakir Miskin Dapat Bantuan Alat Kerja dari BMA

(ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 182 fakir miskin mendapatkan bantuan peralatan kerja dari Baitul Mal Aceh (BMA). Bantuan yang diberikan berupa uang untuk dibelanjakan barang/alat sesuai kebutuhan usaha masing-masing mustahik, Rabu (21/08) di Aula Baitul Mal Aceh.

Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Mahdi Ahmadi mengatakan tujuan pemberian bantuan ini untuk mengurangi beban ekonomi mustahik serta meningkatkan pendapatan mereka, sehingga suatu hari nanti mereka tidak lagi berstatus mis­kin dan mampu membayar zakat.

“Bantuan ini diberikan kepada me­reka yang sudah memiliki keahlian, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk membeli pera­latan kerja. Dengan adanya program ini akan men­do­rong mereka lebih giat lagi dan memudahkan dalam bekerja,” kata Mahdi.

Ads

Menurut Mahdi, dengan bantuan tersebut para mustahik tidak ada yang mengeluh untuk tidak bekerja karena tidak memiliki peralatan kerja. Jadi, katanya tidak ada alasan malas bekerja, karena pemerintah sudah memberi dukungan berupa peralatan kerja.

“Saya mengingatkan supaya bantuan tidak dialihkan untuk membeli hal-hal lain selain alat kerja, mustahik harus benar-benar memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Muhammad Iswanto mengatakan penyaluran bantuan tersebut merupakan tahap pertama untuk 80 orang mustahik, sisanya nanti akan disalurkan pada tahap berikutnya.

“Untuk tahap pertama sebanyak 88 orang dengan anggaran Rp284 juta, sedangkan total anggaran untuk program ini yaitu Rp638 juta untuk 182 mustahik dari sumber dana zakat,” sebutnya.

Bantuan tersebut diberikan untuk enam sektor usaha, yaitu sektor perdagangan, industri rumah tangga, perbengkelan, pertukangan, pertanian, dan perikanan.

Sebelum ditetapkan penerima bantuan ini, pihak Baitul Mal Aceh sudah terlebih dahulu melakukan verifi­kasi apakah yang bersangkutan benar-benar miskin dan pu­nya skill yang dimiliki, tujuannya agar alat kerja yang diberikan tidak sia-sia. [Randi/rel]

Ads