Empat Kopi Termahal di Dunia

agrowindo.com
--Ads--
loading...

(KANALACEH.COM) – Kopi, ya salah satu minuman universal yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Dari citarasa dan proses pembuatannya, kopi memiliki beragam variasi. Pada artikel ini, penulis bagikan informasi menarik buat Anda terkait beberapa jenis kopi yang dikategorikan paling mahal di dunia beserta alasan yang menyebabkannya. Salah satunya adalah yang sudah sering kita dengar, ialah Kopi Luwak buatan Indonesia.

Kopi Gading Hitam, harganya di atas Rp7 juta / pound.

Kopi Gading Hitam atau Black Ivory Coffee dibuat dengan kopi ceri yang dikumpulkan dari kotoran gajah di desa Pedalaman Ban Taklang di Provinsi Surin, Thailand. Pembuatannya adalah proses yang panjang dan lumayan rumit, termasuk tahap-tahap awal misalnya menggabungkan kopi ceri ke dalam camilan favorit gajah seperti pisang, asam dan nasi.

Ads

Setelah ceri dimakan, tentu saja proses berikutnya adalah melewati sistem pencernaan gajah. Sebuah proses yang bisa memakan waktu 12 hingga 72 jam tergantung pada asupan makanan yang sudah ada di perutnya sebelum dikeluarkan lewat kotoran oleh gajah.

Ceri kemudian dipilih dengan cermat oleh pengasuh gajah dan dicuci, dikeringkan di bawah sinar matahari, kemudian dipanggang dan dikemas dalam wadah khusus untuk memastikan kesegarannya. Dibutuhkan sekitar 33 kg biji kopi untuk menghasilkan hanya 1 kg black ivory coffee. Jumlahnya yang terbatas inilah alasan yang membuat harganya begitu melambung tinggi. Di pasar internasional, Kopi Gading Hitam dijual dengan harga $500 USD (setara Rp7jutaan) per poundnya. Satu pound kurang lebih sekitar setengah kilogram.

Finca El Injerto Coffee, Rp7 jutaan / pound

Jenis kopi lain dengan biji kopi paling langka (dan terkecil) di dunia. Finca El Injerto Coffee ditanam oleh keluarga Aguirre di wilayah Huehuetenango yang sangat terkenal di Guatemala. Sudah jelas, jadi keunikannya itulah yang membuat harga jual kopinya begitu mahal.

Hacienda La Esmeralda, Rp7 jutaan / pound

Kopi ini bahkan telah memenangkan banyak penghargaan pertama dalam kontes kopi di seluruh dunia selama bertahun-tahun. Yang membuatnya spesial adalah kopi ini ditanam di kedua sisi Gunung Baru di Panama di bawah naungan pohon-pohon jambu. Kopi yang begitu unik dan langka, dapat memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para penikmat kopi dengan citarasa yang kaya dan istemewa.

Kopi Luwak, Rp2,3 jutaan / pound

Kopi Luwak, dihasilkan dari proses ekstraksi kotoran luwak atau Cat Tod asli Indonesia yang sudah lama dikenal di seluruh dunia untuk pengolahan kopi yang unik dan alami.

Luwak dikenal sangat suka makan kopi ceri yang paling manis dan segar. Melalui proses pencernaan, biji kopi ini telah mengalami fermentasi ringan yang tersimpan melalui kotoran kucing. Saat dipanggang, kopinya akan menciptakan citarasa yang unik gabungan dari teh, bunga yang super manis dan kompleks. [Jegulo.com]

Ads