Siswi MAN 4 Aceh Utara Ikuti KSM Nasional di Manado

Siswi MAN 4 Aceh Utara Ikuti KSM Nasional di Manado
Foto pelepasan siswa oleh para guru (rel)
--Ads--
loading...

Aceh Utara (KANALACEH.COM) – Intan Ananda, siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Aceh Utara akhirnya terpilih mewakili Aceh ke Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional dalam bidang Studi Fisika Terintegrasi yang akan digelar di Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Manado 16-20 September 2019. Ini merupakan prestasi pertama baginya dan juga MAN 4 Aceh Utara sebab pada kompetisi-kompetisi sebelumnya hanya sampai pada KSM tingkat provinsi.

Gadis yang akrab disapa Intan ini meraih juara kedua KSM tingkat provinsi yang digelar Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh pada Kamis (15/8/2019). Setelah meraih juara kedua, Intan mengikuti Training Center (TC) yang dilaksanakan di Banda Aceh, 22-28 Agustus 2019 untuk pemilihan peserta terbaik yang akan mewakili Aceh pada KSM tingkat nasional. Alhasil, Intan terpilih sebagai peserta terbaik yang lolos ke KSM tingkat nasional.

Selain itu, ia juga tercatat sebagai peserta yang menduduki peringkat ketiga dari 16 besar peserta se-Indonesia dalam Bidang Studi Fisika Terintegrasi.

Ads

Siswi kelas 12 IPA ini akan berangkat ke Manado pada Minggu (15/9/2019) bersama 20 peserta lainnya. Sebelum keberangkatannya, kemenag Aceh Utara menggelar acara pelepasan di kantor kemenag Aceh Utara Jumat (13/9/2019). Pelepasan dilakukan oleh Plt. Kemenag Aceh Utara, Drs. H. Munzir, M.Pd.

Dalam acara pelepasan tersebut, Drs. H. Munzir, M.Pd. mengatakan bahwa beliau sangat bahagia atas prestasi yang diraih oleh Intan. Selain itu, beliau juga berpesan semoga Intan dapat meraih prestasi terbaik di KSM tingkat nasional, sehingga dapat mengharumkan Aceh ke kancah nasional. Beliau juga berterimakasih kepada Kepala madrasah MAN 4 Aceh Utara Bapak Faisal, S, Ag., M.Pd., guru pembimbing Ibu Yusnidar Daud, S.Pd. dan Liliana, S.Pd., serta kedua orang tua yang selalu mendukung Intan dalam belajar sehingga mencapai prestasi yang membanggakan.

Selain itu, hal serupa juga disampaikan Drs. Hamdani A Jalil, MA. selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Aceh Utara yang juga hadir dalam acara pelepasan Intan di kantor Kemenag Aceh Utara.

“Saya sangat senang atas apa yang dicapai oleh Intan hari ini. Harapan saya semoga Intan dapat meraih juara KSM tingkat nasional yang nantinya akan diadakan di Manado.” Ucap Hamdani A Jalil.

Peserta yang ikut dalam KSM tingkat nasional itu berasal dari ratusan sekolah Madrasah se Indonesia. Tentunya, mereka adalah siswa-siswi terbaik yang dikirim oleh seluruh provinsi di Indonesia.

“Kompetisinya akan sangat ketat karena semua peserta yang ikut merupakan peserta terbaik mewakili masing-masing provinsi. Di sana peserta akan mengerjakan soal ujian tulis dan praktik yang pasti tidak akan mudah. Namun, Intan harus optimis dan percaya diri untuk menghadapi kompetisi ini.” ujar Intan.

“Prestasi yang diraih oleh Intan ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi MAN 4 Aceh Utara. Hal ini membuktikan bahwa MAN 4 Aceh Utara mampu bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan lainnya di Provinsi Aceh. Walaupun demikian Faisal berharap agar siswa MAN 4 Aceh Utara lebih tekun dan semangat dalam belajar agar prestasi serupa bisa diraih pada kompetisi-kompetisi selanjutnya.” Ujar Kepala. (rel)