Pemenang Tender Paket Jembatan Kilangan Singkil Diduga Tak Memenuhi Syarat

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemenang tender paket jembatan di Kilangan, Aceh Singkil, PT Sumber Cipta Yoenanda dinilai tidak memenuhi syarat, yaitu tidak mencukupi sisa kemampuan keuangan (SKN).

Proyek ini bersumber dari dana APBA 2019 Nilai HPS Rp47,99 miliar. Dimana SKN perusahaan tersebut hanya berjumlah Rp42,4 miliar.

“PT. Sumber Cipta Yoenanda sudah jelas tidak mencukupi syarat pemenang tender tapi Pokja Pemilihan ULP Aceh tetap saja memaksakan kehendaknya memenagkan paket tersebut,” kata Koordinator Lembaga Pemantau Lelang Aceh (LPLA) Nasruddin Bahar melalui keterangannya, Jumat (20/9).

Menurut LPLA, berdasarkan dokumen pemilihan pada Instruksi kepada peserta Lelang IKP BAB III huruf b Angka 9 d, apabila ditemukan bukti peserta tidak mengisi daftar pekerjaan yang sedang dikerjakan, maka pekerjaan tersebut menyebabkan SKN peserta tidak memenuhi syarat, maka dinyatakan gugur.

“PT Sumber Cipta Yoenanda tidak mengisi pekerjaan yang sedang dikerjakan yaitu paket pengaman pantai Labuhan Haji Aceh Selatan nilai penawaran Rp10,2 miliar” jelas Nasruddin.

Seharusnya, kata Nasruddin, Pokja langsung menggugurkan ketika evaluasi penawaran karena SKN PT.SCY, dinilai tidak mencukupi walaupun belum dikurangi dengan pekerjaaan yang sedang dilaksanakan.

“PUPR Aceh diminta segera memberikan sanksi kepada PT.SCY, yang sudah jelas tidak memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta integritas yang sudah ditanda tangani bersama ketika mengajukan penawaran,” tegasnya.

Ia berharap Plt Kepala ULP Aceh, untuk segera melakukan suvervisi kepada Pokja yang bekerja melanggar sumpah jabatannya, atau diberi sanksi yang tegas sesuai dengan aturan yang berlaku. [Randi/rel]

Related posts