Aturan Naik Pesawat yang Jarang Orang Tahu

(ist)
--Ads--
loading...

(KANALACEH.COM) – Bagi kamu yang jarang atau baru pertama kalinya pergi menggunakan pesawat, ada banyak hal yang wajib kamu tahu. Ada beberapa aturan yang sebenarnya sudah tertulis, namun sering diabaikan oleh banyak penumpang. Supaya kamu tidak mendapatkan teguran ketika naik pesawat, sebaiknya perhatikan beberapa aturan berikut ini.

Harus Menunjukkan Tiket Pesawat

Sebelum naik pesawat, kamu akan melewati beberapa gerbang di bandara hingga pintu masuk maskapai. Para petugas biasanya akan meminta bukti tiket pesawat beserta passport dan visa. Kamu sebaiknya meletakkan semua dokumen tersebut di satu tas kecil atau dompet yang terpisah dari koper, supaya mudah dicari.

Ads

Namun, sebelum naik ke pesawat, kamu harus melakukan check-in terlebih dahulu. Misalnya kamu sudah membeli tiket pesawat Garuda Indonesia online, maka kamu harus check-in untuk verifikasi tiket elektronik tersebut. Kemudian, barulah kamu bisa terbang menggunakan maskapai yang digunakan.

Barang Bawaan di Bagasi Kabin

Saat ini pihak maskapai sudah memberlakukan tarif bagasi kabin. Artinya, kamu tidak bisa sembarangan membawa barang bawaan terlalu banyak di dalam kabin pesawat. Jika muatan terlalu berlebihan, maka pihak maskapai akan memberikan biaya tambahan.

Selain itu, membawa barang terlalu banyak di alam kabin pesawat dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain. Mereka harus menunggu lama dan mengantri ketika ingin duduk, karena kamu terlalu sibuk mengurus barang bawaan. Jadi, sebaiknya bawalah barang di dalam kabin pesawat secukupnya.

Tidak Sembarangan Duduk

Sebelum duduk, kamu harus melihat nomor kursi yang sudah tertera di tiket. Jika masih bingung dan tidak mengerti bagaimana cara membacanya, sebaiknya tanyalah penumpang atau pramugari yang bertugas di maskapai.

Jangan salah mengambil tempat duduk, untuk meminimalkan kericuhan di dalam pesawat. Selain itu, kamu juga tidak boleh asal merebahkan kursi kearah belakang. Masalahnya, hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan orang yang berada di belakangmu. Hindari juga kebiasaan mendang kaki kearah depan, karena sangat menganggu penumpang lain.

Mengerti Situasi Jika Terdapat Anak Bayi

Perjalanan yang jauh dan melelahkan kadang membuat kamu stres dan emosi di tengah jalan. Namun, sebaiknya kamu memiliki sikap empati jika ada bayi atau anak-anak di alam maskapai. Jangan heran jika suara tangisan bayi memecah keheningan di dalam pesawat.

Kamu sebaiknya tidak langsung memarahi orangtuanya, karena bisa membuat anaknya semakin stres dan rewel. Alternatifnya, kamu dapat menggunakan headset dan mendengarkan musik, supaya tidak terganggu dan tetap nyaman.

Menggunakan Toilet Seperlunya

Toilet yang berada di dalam pesawat adalah milik bersama, bukan pribadi. Artinya, kamu harus tahu diri dan tidak boleh menggunakannya terlalu lama. Toilet di dalam pesawat hanya digunakan untuk buang air kecil saja.

Kamu sebaiknya segera keluar ketika usai menggunakan. Terlalu lama di dalam toilet akan membuat penumpang lain terganggu dan marah, karena fasilitas bersama digunakan seenaknya dalam waktu lama.

Jadi, jangan sampai kamu menjadi pemicu kemarahan penumpang lain ketika berada di dalam pesawat, ya! []