Banda Aceh Dikepung Kabut Asap, Aminullah Imbau Warga Jaga Kesehatan

Foto Udara kabut asap di Banda Aceh. (Foto: Kemenag Aceh)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejak Senin (23/9) pagi tadi, Kota Banda Aceh mulai terdampak paparan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, yang terjadi di sejumlah titik di pulau Sumatera.

Hingga siang hari, kabut asap tampak makin menebal dan mulai mempengaruhi jarak pandang. Meski begitu, aktivitas warga di Ibukota Provinsi Aceh ini terpantau masih berjalan normal.

Menyikapi fenomena ini, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengimbau masyarakat untuk memprioritaskan kondisi kesehatan agat tetap fit. Sehingga terhindar dari potensi gangguan kesehatan seperti inspeksi saluran pernafasan dan sebagainya

Ads

“Untuk sementara hingga kabut asap mereda, kurangi dulu durasi aktivitas di luar ruangan, terutama bagi ibu hamil, menyusui, dan bayi atau anak-anak. Jika tak memungkinkan, pastikan selalu mengenakan masker untuk meminimalisir dampak negatif kesehatan kabut asap,” ungkapnya di pendopo wali kota.

Hal lain yang bisa dilakukan yakni dengan menutup pintu atau jendela rumah jika tak digunakan. “Perbanyak minum air putih dan konsumsi vitamin jika diperlukan. Kemudian segera ke dokter atau unit layanan kesehatan terdekat jika ada indikasi gangguan kesehatan,” pesannya.

Menurut Aminullah, paparan kabut asap ini memang fenomena alam yang tak bisa dielak. “Mari kita berdoa agar upaya penanganan Karhutla oleh pihak berwenang bisa berjalan baik sehinga kabut asap ini bisa cepat berlalu dari Banda Aceh, Aceh, bahkan provinsi lainnya hingga di luar negeri,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, pihak BMKG memastikan kabut di Aceh hari ini merupakan kabut asap dan mulai menyelimuti seluruh kabupaten/kota di Aceh. Secara kasat mata, kabut ini tampak berwarna kuning kemerah-merahan. Sementara langit juga tampak berwarna putih abu-abu merata, sedangkan jika mendung akan terlihat gumpalan-gumpalan awan. [Randi/rel]