Menristek Akan Sanksi Rektor Jika Ada Pengerahan Mahasiswa Untuk Demo

Tribunnews
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Menristekdikti M Nasir menyayangkan adanya dosen yang mengizinkan mahasiswanya berdemo. Nasir mengatakan nantinya akan ada sanksi kepada rektor perguruan tinggi (PT) jika terjadi pengerahan mahasiswa di kampusnya.

“Nanti akan kita lihat sanksinya ini. Gerakannya seperti apa. Kalau dia mengerahkan ya dengan sanksi yang kita lakukan sanksi keras yang kami lakukan ada dua, bisa dalam hal ini peringatan, SP1, SP2,” kata Nasir seperti dilansir laman Detik.com, Kamis (26/9).

Nasir mengatakan sanksi hukum juga siap menanti jika aksi unjuk rasa menyebabkan kerugian pada negara.

Ads

“Nah kalau dalam hal ini menyebabkan kerugian pada negara dan semuanya ini bisa tindakan hukum. Yang rektornya yang saya ini, nanti dosen rektor yang bertanggung jawab,” ujarnya.

Nasir mengatakan tidak seharusnya dosen ataupun rektor mengizinkan atau bahkan mengajak mahasiswa turun ke jalan. Dia menegaskan rektor ataupun dosen harus mengajak dialog para mahasiswa untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada.

“Dosen harus mengajak dialog dengan baik. Maka kalau ada itu rektorlah yang harus mengajak dialog untuk mengingatkan kepada para dosen. Saya sudah memerintahkan pada dirjen pembelajaran untuk menyampaikan kepada seluruh rektor di PT. Jangan sampai gerakan mahasiswa demo di lapangan,” tutur Nasir.

“Ajaklah dialog dengan baik, nggak ada artinya. Nanti jangan sampai saya khawatir apa yang dia lakukan yang niat baik ditunggangi oleh pihak-pihak yang tidak jelas. Ini yang jangan sampai terjadi. Mahasiswa yang saya anggap insan akademik mereka insan intelektual, dialoglah yang bisa menyelesaikan masalah,” sambung dia.

Nasir mengatakan pihaknya sudah memberi tahu para rektor dan pimpinan perguruan tinggi untuk memberi tahu mahasiswanya agar tidak turun ke jalan. Mengingat, gerakan tersebut rentan ditunggangi kepentingan lain.

“Saya sudah memberitahukan kepada para rektor dan para pimpinan PT tolong memberitahu kan mahasiswa kepada anak didiknya yaitu jangan sampai mahasiswa demo ditunggangi oleh kepentingan lain. Kepentingan-kepentingan lain. Mahasiswa dalam hal ini dalam melakukan kritik saya persilakan tetapi dengan cara yang baik karena dia orang akademik,” kata Nasir.

“Kami sebagai menteri yang mengurusi pendidikan tinggi harapan saya mahasiswa jangan sampai dipengaruhi,” imbuh dia. []

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Ads