Pemkab Agara Anggarkan Rp 5 Miliar Bangun Empat Jembatan

(Kanal Aceh/Seh Amin)

Kutacane (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan  Penataan Ruang Aceh Tenggara akan membangun empat unit jembatan di kawasan Kota Kutacane yang ambruk, akibat banjir bandang.

Kepala Dinas PUPR Aceh Tenggara, Rasid Efendi Desky kepada kanalaceh.com, Kamis (17/10) mengatakan, empat unit jembatan yang akan dibangun yakni, jembatan Pulonas–Pulonas Baru, jembatan Marloboro – Pulonas Baru, jembatan Terandam-Lawe Rutung dan jembatan Pulo Latong-Pasir Gala, jembatan itu menghubungkan kecamatan Babussalam dengan Kecamatan Lawe Bulan.

Jembatan tersebut merupakan sarana penghubung yang sangat vital bagi warga Kecamatan Babussalam dengan kecamatan Lawe Bulan. Namun akibat ambruk dan rusak berat dihantam banjir bandang, jembatan itu tak bisa dilewati lagi.

Pembangunan empat unit jembatan itu menggunakan anggaran sebesar Rp 5 miliar yang bersumber dari DAK Aceh Tenggara tahun 2020, jembatan itu juga nantinya akan dibangun dengan model baru.

“Yang jelas jembatan yang dibangun tersebut bentuknya melengkung ke atas, jika pun terjadi banjir sungai, dipastikan aman dari jangkaun banjir akibat naiknya debit sungai,” ujar Rasid Efendi.

Selain pembangunan empat unit jembatan, pihak PUPR akan membangun jalur jalan penghubung warga di beberapa Kecamatan di seputaran kota Kutacane dan di sepanjang jalan nasional. [Seh Amin]

Related posts