Banda Aceh Raih Penghargaan Maturitas SPIP dari BPKP

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Banda Aceh kembali mencatatkan prestasi, kali ini penghargaan Maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP). Penghargaan ini diserahkan oleh Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Dadang Kurnia kepada Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, Rabu (23/10) di Gedung BPKP, Jl P Nyak Makam Banda Aceh.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dan Wakil Wali Kota, Zainal Arifin hadir langsung pada acara penyerahan penghargaan ini. Penyerahan penghargaan ini dilakukan pada acara workshop peran pimpinan daerah dalam rangka akselerasi implementasi SPIP untuk Good and Clean Government dan launching klinik akuntabilitas Gampong Aceh di Aula Gedung BPKP Perwakilan Provinsi Aceh.

Aminullah merasa bersyukur, Banda Aceh meraih penghargaan ini pada level tiga (terdefinisi) dengan skor sebesar 3,0375. Banda Aceh merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Aceh yang meraih penghargaan ini pada level terdefinisi.

Dengan hasil ini, kata Aminullah Pemko Banda Aceh berada pada tingkat 4 dari 6 tingkat maturitas SPIP yang ada.

“Alhamdulillah, kita berhasil meraih penghargaan ini pada level terdefinisi, yakni level 3 atau setara tingkat 4 dari enam tingkat yang ada. Selama ini kita memang terus berupaya meningkatkan kualitas perencanaan, pembangunan, pelaporan dan pengendalian internal,” ungkap Aminullah usai menghadiri acara ini.

Kata Aminullah, penilaian maturitas yang dilakukan BPKP semakin memotivasi Pemko Banda Aceh. Katanya, ada 6 level atau skala maturasi dalam penilaian SPIP, yakni level 0 (Belum ada), level 1 (Rintisan), level 2 (Berkembang), level 3 (Terdefinisi), level 4 (Terkelola dan Terukur) dan level 5 (Optimum).

“Penghargaan yang kita terima hari ini menjadikan kita semakin termotivasi untuk kedepannya bisa naik ke level lebih tinggi,” harap Aminullah. [Fahzian/rel]

Related posts