Suka Jazz dan Musik Etnik? Datang Saja ke Aceh World Jazz Festival

Ilustrasi jazz. (Kompas.com)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, kembali menyuguhkan event musik jazz pada 26-27 Oktober 2019 mendatang. Kegiatan ini akan digelar di Taman Seni Budaya Aceh.

Musik genre jazz sendiri dinilai sudah mulai masuk kedalam lingkungan penikmat musik yang ada di Aceh. Oleh karena itu, Disbudpar Aceh bekerja sama dengan Panteu Atjeh membuat event jazz, dimana para penikmat musik jazz dapat berkumpul, dan menikmati suguhan musik yang akan ditampilkan pada event ini.

“Musik jazz sendiri dikenal sebagai musik global, dimana kwalitas musikal dalam genre ini disebut sebagai level lain dari kebanyakan genre musik. Dalam kehidupan permusikan di Aceh sendiri, musik jazz sendiri bisa dibilang masih sangat sangat kurang peminatnya dalam masyarakat,” kata Panitia Pelaksana, Jamal Taloe, Jum’at (25/10).

Ads

Aceh World Jazz Festival ini akan menggabungkan musik etnik Aceh dengan genre musik jazz, dengan penggabungan dua genre musik yang tentunya berbeda dalam segi musikalitasnya, diharapkan masyarakat akan menikmati musik ini sebagai salah satu musik yang wajib ada dalam playlist musiknya.

Event ini akan diisi oleh group musik dan band lintas generasi yang ada di Banda Aceh seperti group, sukamosa, qana music, moritza taher and friend, harmony band, moko and friends, pupha ethanica, b-bass, dan semuka band yang akan menunjukkan permainan musik jazznya yang dibalut dengan sentuhan seni musik etnik Aceh.

“Sama halnya pada tahun sebelumnya di pergelaran kali ini juga akan diadakan Coaching Clinik musik, tentunya dengan adanya Coaching Clinik ini diharapkan wawasan tentang musik jazz ini sendiri akan lebih banyak dan lebih luas,” jelas Jamal.

Jamal juga mengaku, sebagai genre musik exclusive, tentunya genre musik jazz ini senada dengan keunikan musik tradisi Aceh, oleh karena itu event Aceh World Jazz ini diharapkan mampu lebih memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang musik tradisi Aceh dan musik jazz sendiri.

“Sebagai feedback pada kegiatan ini ditargetkan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Aceh mengingat Event Musik Jazz belakangan ini mulai menunjukkan peningkatan penikmatnya. Semoga even ini bisa berjalan dengan baik,” harapnya. [Randi/rel]