Indahnya Jembatan Fly Over Simpang Surabaya Pada Malam Hari

Jembatan Layang Simpang Surabaya, Banda Aceh. (Foto: Humas Pemko Banda Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jembatan Fly Over (atau jembatan layang) memiliki fungsi yang sangat vital dalam mengurai kemacetan di daerah. Bangunan ini juga, tak jarang memiliki nilai keindahan yang bisa dilihat dari sisi arsitektur atau desainnya.

Tidak cukup pada desain konstruksi jembatan, tata lampu juga bisa membuat jembatan tersebut memiliki pemandangan yang menakjubkan ketika malam hari.

Seperti jembatan Fly Over Simpang Surabaya di Banda Aceh. Pengoperasian jembatan ini, mulai bisa dilalui pengendara pada Tahun 2018 lalu, dan mampu menuntaskan persoalan kemacetan parah di Simpang Surabaya sebelumnya.

Keberadaan jembatan ini juga menambah keindahan Kota Banda Aceh. Baru-baru ini, Pemerintah Kota ‘mempercantik’ jembatan dengan menambah desain lampu hias dengan berbagai warna di setiap tiang-tiang lampu jalan.

Sehingga jembatan ini terlihat indah dan hidup di malam hari, karena perpaduan lampu dengan berbagai warna.

Fly Over Simpang Surabaya memiliki panjang 881 dan lebar 16,5 meter untuk 4 lajur 2 arah. Berada pada poros utama Jalan Lintas Timur Sumatera yang menghubungkan Pusat Kota Banda Aceh dengan Sigli, Lhokseumawe hingga Medan.

Jembatan ini juga merupakan penghubung antara Jalan Lintas Timur Sumatera dengan Pelabuhan Malahayati yang merupakan kawasan pengembangan strategis.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga, Sugiyartanto menyatakan bahwa dengan adanya Flyover Simpang Surabaya ini sangat membantu mengurangi masalah kemacetan Kota Banda Aceh.

“Saat ini Kota Banda Aceh sedang bertransformasi dari kota besar menuju kota metropolitan. Akibatnya, terjadi peningkatan jumlah frekuensi penggunaan kendaraan. Dengan adanya Fly Over ini dan underpass ini tentunya akan mengurangi tingkat kemacetan,” tutur Sugiyartanto saat meresmikan jembatan Fly Over ini

Pembangunan Flay Over Simpang Surabaya dan Terowongan (Underpass) Kuta Alam – Beurawe dibangun oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi dan PT Brantas Abi Praya dengan total biaya konstruksi kedua proyek tersebut, sebesar Rp 272 miliar yang bersumber dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2015-2018. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Indahnya Jembatan Fly Over Simpang Surabaya Pada Malam Hari Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jembatan Fly Over (atau jembatan layang) memiliki fungsi yang sangat vital dalam mengurai kemacetan di daerah. Bangunan ini juga, tak jarang memiliki nilai keindahan yang bisa dilihat dari sisi arsitektur atau desainnya. – Tidak cukup pada desain konstruksi jembatan, tata lampu juga bisa membuat jembatan tersebut memiliki pemandangan yang menakjubkan ketika malam hari. – Seperti jembatan Fly Over Simpang Surabaya di Banda Aceh. Pengoperasian jembatan ini, mulai bisa dilalui pengendara pada Tahun 2018 lalu, dan mampu menuntaskan persoalan kemacetan parah di Simpang Surabaya sebelumnya. – Keberadaan jembatan ini juga menambah keindahan Kota Banda Aceh. Baru-baru ini, Pemerintah Kota ‘mempercantik’ jembatan dengan menambah desain lampu hias dengan berbagai warna di setiap tiang-tiang lampu jalan. – Sehingga jembatan ini terlihat indah dan hidup di malam hari, karena perpaduan lampu dengan berbagai warna. – Fly Over Simpang Surabaya memiliki panjang 881 dan lebar 16,5 meter untuk 4 lajur 2 arah. Berada pada poros utama Jalan Lintas Timur Sumatera yang menghubungkan Pusat Kota Banda Aceh dengan Sigli, Lhokseumawe hingga Medan. – Jembatan ini juga merupakan penghubung antara Jalan Lintas Timur Sumatera dengan Pelabuhan Malahayati yang merupakan kawasan pengembangan strategis. – “Saat ini Kota Banda Aceh sedang bertransformasi dari kota besar menuju kota metropolitan. Akibatnya, terjadi peningkatan jumlah frekuensi penggunaan kendaraan. Dengan adanya Fly Over ini dan underpass ini tentunya akan mengurangi tingkat kemacetan,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga, Sugiyartanto saat meresmikan jembatan laying Simpang Surabaya ini. [Randi] – 📹 @humasbna – – #aceh #bandaaceh #jembatan #simpangsurabaya #acehbesar #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #takengon #benermeriah #gayolues #naganraya #acehjaya #acehbarat #abdya #acehselatan #sabang #subulussalam #simeulue #acehsingkil #acehtenggara

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts