Surya Paloh Sindir Ada Parpol Berlagak Paling Pancasilais, Siapa?

Surya Paloh. (Kanal Aceh/Khalis)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menyindir partai politik yang merasa paling pancasilais. Ia menilai hal tersebut hanya klaim semata lantaran praktiknya tak sesuai dengan paham yang terkandung dalam Pancasila.

Kata dia, parpol berlagak paling Pancasilais tersebut malah punya sifat memecah-belah. Sebab, parpol itu tak mau berangkulan sampai bersalaman dengan teman sendiri.

Meski tak membeberkan parpol yang dimaksud, Paloh menyindir partai tersebut selalu sinis dan curiga terhadap partai besutannya.

Ads

“Semua penuh kecurigaan maka makin jauh dari nilai Pancasila. Mengaku Pancasila sebagai pegangan, way of life. Tapi, ngakunya partai nasionalis-pancasilais, buktikan saja,” kata dia dalam acara Kongres Nasdem di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11) seperti dilansir laman VIVA.

Dia menyebut parpol Pancasilais harus rendah hati serta merangkul semua pihak. Jika tidak demikian, maka setiap parpol yang memakai Pancasila sebagai platform organisasi justru menggadaikan ide Soekarno sebagai proklamator bangsa.

Paloh mengatakan, rakyat butuh pembuktian partai mana yang menjalankan nilai-nilai Pancasilais. Selama partai melakukan sinis dan propaganda kosong, sudah dapat dipastikan parpol tersebut bukan parpol Pancasilais.

“Kalau Nasdem mau dikenal sebagai partai Pancasilais, rendah hati. Rangkul teman, salam teman. Tawarkan pikiran bersama teman. Jangan musuhi teman. Bisa menangis proklamator bangsa ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia minta kadernya untuk tak menanggap partai yang berseberangan dengan keputusan NasDem sebagai musuh. Menurutnya, hal itu tak mencerminkan sikap Bangsa Indonesia.

“Jangan partai tak searah dia musuh bebuyutan, enggak mau gandeng tangan itu bukan Indonesia sejati. Buang purba sangka pikiran. Kalau enggak mau bantu jangan hina lain,” katanya. []

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Polisi di Kabupaten Bireuen mengamankan seorang pria berinisial TMD (25) yang mencoba membakar baju dinas Polri, di depan markas Polres Bireuen, pada Jumat, 8 November 2019. Namun, aksinya itu digagalkan oleh anggota Polisi setempat, yang berjaga di depan Mapolres Bireuen. Bukan hanya itu, saat hendak ditangkap, pelaku mengancam petugas dengan sebilah pisau. Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Aceh Komisaris Besar Polisi Agus Sartijo mengatakan, peristiwa itu berawal saat pelaku tiba-tiba datang ke gerbang Polres Bireuen. Dengan membawa baju PDL Polri dan hendak membakarnya. Ads “Pelaku kemudian ditegur oleh anggota kita, saat ditegur, pelaku mengeluarkan pisau dan mengancam para anggota polisi,” kata Agus saat dikonfirmasi. Pelaku sempat melarikan diri, namun berhasil diamankan. Dari hasil penyelidikan pihaknya,  TMD memiliki kelainan gangguan jiwa, karena depresi berat saat gagal menjadi calon legislatif di wilayah Bireuen. Selengkapnya klik disini www.kanalaceh.com atau swipe story’ #aceh #acehbarat #acehbesar #acehtenggara #acehselatan #abdya #acehtimur #bireun #acaman #gagal #aksianarkis #pengangkapan #pelaku

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on