Tarian Rapa’i Geleng Akan Diperlombakan di Abdya

(Kanal Aceh/Jimi)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Tarian Rapa’i geleng di perlombakan dalam festival budaya daerah tingkat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), di Dinas Pendidikan Desa Lhung Tarok, Kecamatan Blangpidie, Senin (11/11).

Wakil bupati Abdya Muslizar menyambut baik atas terselenggaranya festival seni budaya. Menurutnya, seni budaya ini terus berkembang. Untuk itu, kedepan rapai geleng itu akan dipertandingkan di hari kemerdekaan.

“Kami berharap kepada pegiat seni untuk mensiarkan tentang agama islam serta di barengi dengan kesenian saat bersya’ir,” katanya.

Tak hanyak itu, Muslizar juga meminta juri agar profesional dalam menilai para peserta.” Jangan nanti mentang mentang wabup nya orang tangan tangan, ya dari tangan tangan yang menang, jangan begitu sayang anak anak kita nantinya,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Abdya, Jauhari menyebutkan festival ini bukan yang pertama dilakukannya, untuk kedepan pihaknya akan  membuat secara meriah dan masyarakat juga akan dilibatkan.

“Pendidikan harus di tingkatkan budaya harus kita majukan dua hal ini, sama pentingnya untuk di majukan. Untuk itu kami berharap dukungan semua pihak,” sebutnya

Bedasarkan laporan ketua panitia, Jasmani jumlah tim rapa’i geleng yang ikut dalam festival budaya ini berjumlah 18 tim, yang tersebar dalam sembilang Kecamatan di Abdya. [Jimi Pratama]

Related posts