MPU Aceh Akan Keluarkan Fatwa Salam Lintas Agama

[Foto: Geunta.com]
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – MPU Aceh sudah mengagendakan untuk mengeluarkan fatwa terkait salam lintas agama. Fatwa itu, akan dikeluarkan di akhir November 2019.

Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk Faisal Ali mengatakan, pihaknya sudah jauh hari mengagendakan soal fatwa ini. Sehingga, nantinya bukan hanya sebatas imbauan.

Pembahasan soal salam lintas agama di MPU Aceh, sudah dilakukan sebelum MUI Jawa Timur mengeluarkan imbauan soal salam keagamaan tersebut. MPU akan mengkaji bagaimana hukumnya orang islam mengucapkan salam dengan model agama lain.

Ads

“Akhir bulan ini akan ada fatwa tentang itu (salam lintas agama). Kalau Jawa Timur sifatnya imbauan, kita akan mengkaji sisi fatwa. Bukan imbauan.” kata Faisal Ali saat dikonfirmasi, Rabu (13/11).

MPU juga sudah membentuk tim, lalu mengundang pakar dan ahli masing-masing agama yang nantinya menyampaikan materi soal salam lintas agama tersebut.

“Kita mengundang para pakar dalam soal ini, terutama karena ini menyangkut orang hukum, maka akan kita tanya sama mereka, kepada ahli masing-masing agama itu, bagaimana makna dari salam menurut agama mereka,” ujarnya.

Mungkin kalau tidak diundang, kata dia, maka MPU Aceh akan mendatangi para ahli agama tersebut. Hal itu, kata dia sudah ada tim yang telah dibentuk untuk mempelajari dan mengkaji persoalan ini.

Sebelumnya, Nahdlatul Ulama atau NU tidak mempermasalahkan mengucapkan salam lintas agama, meski Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur mengimbau tak melakukannya karena menyangkut akidah. [Randi]