12 Ribu Peserta Meriahkan Banda Aceh Fun Bike 2019

[Foto: Pemko Banda Aceh]
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Lebih dari 12 ribu peserta memeriahkan ajang Banda Aceh Fun Bike 2019. Bukan hanya dari dalam kota, pesertanya juga berasal dari kabupaten/kota lain di Aceh, bahkan dari pulau Jawa.

Mengusung tema “Indahnya Berwisata dengan Sepeda”, para peserta melalui sejumlah destinasi wisata seperti kawasan pantai Ulee Lheue dan titik nol Banda Aceh di Gampong Jawa. Total jarak tempuh sejauh 14 kilometer.

Pelepasan start dilakukan oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Lapangan Blang Padang, Minggu (17/11). Di tempat yang sama usai finish, dilakukan pengundian beragam hadiah menarik yang disediakan oleh pihak sponsor.

Ads

Dan pegowes yang beruntung yakni Ikhlas Sulamal asal Kota Lhokseumawe -pemegang nomor undian 09677-  yang berhak atas hadiah utama berupa satu unit mobil Toyota Agya. Penarikan undian dan penyerahan hadiah dilakukan langsung oleh Wali Kota Aminullah.

Kadis Pariwisata Banda Aceh Iskandar mengatakan, lewat tema yang diusung, ajang itu ditujukan untuk mempromosikan Banda Aceh, “sekaligus membudayakan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan dan sehat,” kata dia.

Rutenya melewati beberapa spot wisata dan juga pusat kota. “Hadiahnya selain mobil juga ada sepeda motor, kulkas, HP, kipas angin, dan banyak lagi,” katanya.

Sementara Wali Kota Aminullah dalam sambutan singkatnya mengungkapkan tujuan fun bike massal tersebut sebagai ajang silaturahmi, hiburan, dan juga olahraga. “Dan yang tak kalah penting untuk menggerakkan denyut ekonomi Banda Aceh.”

“Jika 12 ribu peserta mengeluarkan uangnya Rp 10 ribu saja untuk membeli makanan dan minuman, tentu sangat berarti bagi pedagang di sini. Belum lagi yang lain-lain, bayangkan berapa besar perputaran uang yang terjadi hari ini di Banda Aceh,” ungkapnya.

Ajang tersebut juga bagian dari target 1.000 event setahun di Banda Aceh untuk menggerakkan sektor pariwisatawisata. “Kota kita tak punya lahan pertanian atau tambang. Nilai jual Banda Aceh adalah wisatanya dengan ragam cagar budaya, kuliner, dan kopinya.”

“Tahun depan bertepatan dengan hari jadi Banda Aceh yang ke-815, kita akan gelar lagi fun walk dengan hadiah utama rumah dan mobil,” kata wali kota. [Randi/rel]