Pembangunan PLTU Nagan Raya Harus Libatkan Tenaga Lokal

Plt. Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT meninjau pembangunan PLTU 3 dan 4 Nagan Raya di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Rabu, 20/11/2019. (ist)

Nagan Raya (KANALACEH.COM) – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah meninjau proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Rabu (20/11).

Dalam kunjungan itu Nova memeriksa sejumlah sarana yang sedang dibangun di ereal komplek PLTU. Nova juga berbicara langsung dengan Yang Kai, Wakil Manager Umum pada proyek pembangunan PLTU tersebut.

Kepada Plt Gubernur, Yang Kai melalui penerjemahnya menjelaskan detail denah bangunan serta fungsi dari sejumlah sarana yang sedang dibangun.

Merespon hal itu, Nova berpesan kepada Yang Kai agar pembangunan tersebut mengutamakan penggunaan bahan baku serta tenaga ahli lokal.

“Saya hanya ingin memastikan bahan baku yang dipakai usahakan yang berasal dari Aceh, dari dalam negeri. Jangan diimpor kalau bahannya memang tersedia di sini,” ujar Nova.

Terkait tenaga kerja, Nova meminta dilibatkannnya tenaga-tenaga terampil dari Aceh jika memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tak lupa, Nova juga mengatakan bahwa pemerintah selalu menjamin keamanan di Aceh.

Nova Iriansyah dalam kunjungan tersebut didampingi Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, Komadan Korem 012 Teuku Umar, Kolonel Infanteri Aswardi, Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Guruh Tjahyono, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Sunawardi serta sejumlah tamu lainnya. [Randi/rel]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gerhana matahari cincin akan melintasi bumi pada 26 Desember 2019. Gerhana total itu, hanya bisa dilihat dari 7 provinsi. Untuk itu, Kemenag Aceh akan memantau gerhana matahari cincin di Kabupaten Simeulue. Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh menyebutkan, ketujuh provinsi yang bisa melihat gerhana matahari total adalah Aceh, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur. Untuk provinsi Aceh, gerhana total hanya bisa dilihat di Kabupaten Simeulue dan sebagian daerah di Aceh Singkil. Gerhana akan terjadi pada pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB. “Tapi ada dua kabupaten kota yang terkena yaitu simeulue dan sebagian singkil. Durasi gerhana seluruhnya tiga jam 47 menit 52 detik, sementara durasi gerhana total cincin dua menit 53 detik,” kata Daud Pakeh, disela sosialisasi Hisab Rukyat pada pelajar di Kanwil Kemenag setempat, Selasa (19/11). 50 peserta yang berasal dari sekolah dan madrasah di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar ikut dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Menurutnya, kegiatan itu bertujuan untuk mengedukasi para siswa tentang bagaimana terjadinya fenomena alam itu. “Sosialiasi ini bagi kami penting, karena untuk memberikan pemahaman untuk anak-anak kita, di satu sisi sebagai sains, mereka harus tahu kapan gerhana matahari itu terjadi,” ujar Daud Pakeh. Sosialisasi itu juga bertujuan untuk memberi pemahaman pada masyarakat bagaimana terjadinya fenomena gerhana melalui para siswa-siswi. “Lewat anak-anak kita mengedukasi apa yang harus dilakukan masyarakat saat gerhana, baik gerhana bulan maupun matahari, juga kita menjaga aqidah umat jangan ada seperti masa lalu, kami yakin di kampung-kampung masih ada yang menganggap gerhana itu musibah besar,” jelasnya. Pihaknya juga menyebutkan bahwa saat gernaha matahari cincin, pihaknya akan membagi 500 kacamata khusus untuk masyarakat di Simeulue. [randi] #acehbarat #acehtengah #aceh #acehtenggara #acehtimur #acehsingkil #acehselatan #bandaaceh #gerhana #matahari #cincin#gerhanacincin #gerhanamataharitotal

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts