Jalan Penghubung Abdya–Gayo Lues Dikebut: 2020 Harus Mulus

(ist)

Abdya (KANALACEH.COM) – Asisten II sekda Aceh yang juga merangkap kepala P2K mengharapkan jalan Gayo Lues dan Babahrot Abdya dapat tuntas dan mulus di 2020.

“Rencana akan kita lelang dalam waktu dekat ini,” ujar Dadek di sela kunjungan lapangan di ruas Babahrot Batas Gayo Lues untuk meninjau pembangunan jalan dari dana Otsus tahun anggaran 2019.

Menjelang siang diatas ketinggian 3000 mdpl ketua P2K Aceh Teuku Ahmad Dadek tiba dilokasi penigkatan jalan Babahrot batas Gayo Lues, yang dibangun menggunakan dana APBA nilai kontrak Rp19,34 miliar dengan panjang pengaspalan 3,9 kilometer.

Teuku Ahmad Dadek mengatakan, bahwa jalan babahrot Gayo Lues merupakan jalan akses yang menghubunghkan Gayo Lues dengan Abdya, yang nantinya diharapkan dapat melancarkan arus transportasi barang hasil pertanian, guna meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Jalan ini sama pentingnya dengan ruas jalan Pidie batas Meulaboh yang menghubungkan wilayah tengah, dengan pantai barat Aceh, sehingga natinya arus transportasi kedua wilayah tersebut dapat berjalan dengan mulus.

Jalan ini akan dituntaskan, bahkan Dadek menekankan pihak rekanan untuk menyelesaikan pengaspalan pada 10 Desember 2019. “Saya akan datang lagi kesini untuk memastikan aspal bisa selesai,” ujar Dadek.

Lebih lanjut Dadek juga menyarankan kepada kabid PUPR Mawardi bahwa pada 2020 juga pada ruas jalan ini nantinya harus dibangun drainase yang belum cukup 2019, guna mengarahkan aliran air dari lereng agar tidak menggerus aspal yang ada. Serta jalan – jalan yang sudah sedikit berlubang akibat tonase truk pengangkutan material untuk segera di perbaiki.

Pemerintah Aceh sedang berusaha agar APBA terutama dari dana otsus dapat dijalankan sesuai dengan visi dan misi Gubernur Aceh sehingga tranportasi wilayah tengah dengan pesisir Aceh, dapat diakses dengan baik sehinga transportasi barang, orang dan hasil pertanian dapat menjngkatkan perekonomin masyarakat. [Randi/rel]

Related posts