Pawang Diturunkan Setelah Harimau Mangsa Lima Sapi di Aceh Utara

Dok. BKSDA
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Lima ekor sapi milik warga Desa Lubuk Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara dimangsa Harimau Sumatera. Kemunculan harimau ini, juga turut membuat warga resah akan keselamatan ternak dan jiwanya.

Tiga dari lima ekor sapi itu milik Mahmud, dua ekor lainnya milik Paimin dan Sukidi. Mereka melaporkan peristiwa itu ke resort KSDA 11 Aceh Utara. Mendapat laporan dari masyarakat, personil Balai Konsrvasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melalui Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe, melakukan pengecekan lokasi konflik satwa tersebut.

Saat dicek, petugas menemukan konflik satwa liar jenis Harimau Sumatera (Panthera tigris ssp. sumatrae) di Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, yang memangsa lima sapi warga.

Ads

“Hasil dari pengecekan lokasi konflik Harimau Sumatera ini kembali meresahkan masyarakat setempat dengan memangsa 5 (lima) ekor sapi yang menyebabkan salah satu pemilik dari korban ternak mengungsi ke lokasi lain,” kata kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto dalam keterangannya, Jumat (29/11).

Selain memangsa ternak sapi, kata dia satwa liar Harimau Sumatera ini juga menerkam 12 ekor ternak lainnya yang mengakibatkan luka-luka pada ternak tersebut.

Masyarakat setempat, kata Agus berharap agar segera diturunkan pawang untuk melakukan upaya penghalauan terhadap satwa liar jenis Harimau Sumatera ini, karena satwa tersebut sudah meresahkan masyarakat setempat.

Tim petugas juga melakukan koordinasi dengan beberapa pihak, dan memberikan imbauan kepada masyarakat, agar tidak menempatkan ternaknya jauh dari area perkampungan.

“Kita juga mengimbau masyarakat agar dapat bekerjasama untuk melakukan ronda atau penjagaan saat malam hari sementara, menunggu kedatangan pawang harimau,” katanya. [Randi/rel]