Pemerintah Kebut Pembangunan Bendungan Irigasi di Bireuen

(ist)
--Ads--
loading...

Bireuen (KANALACEH.COM) – Dalam rangkan mendukung hasil pertanian, Pemerintah Aceh melalui Dinas Pengairan terus melakukan pembangunan sejumah bendungan, dan daerah irigasi yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Daerah irigasi Nalan salah satu diantaranya, yang terletak di Kecamatan Peulimbang, Kabupaten Bireun, membutuhkan penyambungan saluran 4,5 kilometer lagi, untuk fungsional secara keselurhan hingga dapat dirasakan manfaat oleh masyarakat, terutama untuk mensuplay kebutuhan air untuk bendungan dibawahnya yang dapat mengaliri 1.000 hektare sawah.

“Daerah Irigasi Nalan ini butuh penanganan lebih lanjut”, ujar Asisten II setda Aceh Teuku Ahmad Dadek, Jumat (29/11) saat melakukan kunjungan ke lokasi lanjutan pembangunan daerah irigasi nalan, yang dikerjakan oleh rekanan dengan nilai kontrak Rp 4,7 Miliar dengan progres fisik sampai saat ini 85 persen dan diperkirakan selesai sesuai dengan kontrak.

Ads

Nantinyan, kata dia pembangunan jaringan irigasi ini akan menyuplai aliran air ke bendungan bawah yang kemudian mengairi 1.000 hektare sawah masyarakat di Kecamatan Peulimbang.

Tahun 2020 tidak tersedia dana untuk penyambungan saluran ke bendungan bawah yang masih membutuhkan suplay air, agar mencukupi untuk mengaliri 1.000 hektare sawah. [Randi/rel]

Ads