Sejumlah Pengamanan Tebing di Abdya Ambruk di Terjang Banjir

(Kanal Aceh/Jimi Pratama)
--Ads--
loading...

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Hujan lebat yang mengguyur wilayah kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak sepekan terakhir berdampak banjir di beberapa kecamatan, serta putusnya jembatan di Desa Ie Lhop, Kecamatan Tangan Tangan, Sabtu (30/11).

“Banjir semalam cukup parah walaupun cuma sebentar. Sebagian masyarakat terpaksa mengungsi ketempat yang lebih tinggi, namun mereka kembali ke rumah setelah banjir surut,” kata kepala BPBK Abdya Amiruddin kepada Kanalaceh.com.

Selain itu, akibat banjir pengamanan tebing di kecamatan Jeumpa ambruk sepanjang 500 meter.

Ads

“Saat kita terjun ke lokasi ada beberapa titik pengamanan tebing yang ambruk, seperti di desa Lhung Tarok 600 meter, Tangan- Tangan, blangpadang 200 meter dan drien jalo 300 meter serta Ujong Tanoh 500 meter,” sebutnya.

Selain itu pihak dari BPBK Abdya juga membangun jembatan di beberapa titik yang memang menjadi akses satu satunya bagi masyarakat.

Sementara itu masyarakat Ujong Tanoh Kecamatan Setia M.Nur, mengatakan hujan sejak sore kamarin memang sangat lebat, sebentar saja air sudah masuk dalam rumah.

“Sejak pukul 18:30 ba’da magrib air mulai masuk ke rumah, itu kami sudah mulai was was dan barang – barang sudah di evakuasi ke tempat yang lebih tinggi,” ucapnya. [Jimi Pratama]

Ads