Memasuki Masa Panen, Harga Gabah di Abdya Tinggi

Petani Abdya sedang memotong padi masih menggunakan sabit. (Kanal Aceh/Jimi Pratama)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Petani di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai memasuki masa panen padi. Bahkan sejauh ini sebagian petani di kabupaten tersebut sudah melakukan panen.

Berdasarkan pantauan Kanalaceh.com beberapa hari yang lalu, sejumlah petani di Desa Lhok Gajah, Kuala Batee sudah sibuk memanen padi. Tetapi belum seluruhnya sawah milik petani bisa dilakukan panen. Dikarenakan masih menunggu beberapa minggu lagi.

Seorang petani, Agus mengaku sangat senang dengan harga gabah yang tinggi tersebut. Bahkan, ia mengakui tingginya harga gabah tersebut, sangat menguntungkan petani.

“Alhamdulillah, harga gabah saat ini sangat menguntungkan mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 5.200 rupiah per kg,” kata Agus salah seorang petani di kawasan Lhok Gajah.

Sementara itu Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Darwis mengatakan, memang sebagian petani di Abdya sudah memasuki masa panen, akan tetapi belum semuanya.

“Belum semuanya petani akan panen, namun dalam kurun waktu satu minggu lagi juga akan memasuki masa panen,” ujarnya. [Jimi Pratama]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kantor Wilayah Kementrian Agama Aceh merilis jumlah travel umrah yang dinyatakan ilegal atau tidak memiliki izin, yang masih beroperasi di Aceh. Jumlahnya, hingga mencapai 40 travel umrah. Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh, mengatakan saat ini di Aceh masih banyak travel umrah yang tidak berizin. Tapi mereka tetap beroperasi dan menawarkan paket-paket umrah yang menggiurkan. Sehingga, banyak masyarakat yang terjebak. Saat ini, kata dia, nama-nama travel yang tidak memiliki izin itu, sudah dilaporkan ke pihak Polda Aceh. “Cukup banyak, ada 40 lebih travel yang ada di Aceh ini yang belum memiliki izin. Kita sudah melaporkan ke pihak Polda Aceh, nama-nama travel itu sudah ada pada pihak Polda,” kata Daud Pakeh di Banda Aceh, Senin (16/12). Namun, dari jumlah travel umrah yang tak mengantongi izin tersebut, hanya beberapa saja yang tercatat pernah bermasalah dengan jemaah. Itupun, kata Daud, bukan travel dari Aceh. #acehbarat #aceh #acehgayo #acehtenggara #acehtimur #acehbesar #acehsingkil #acehselatan #acehtamiang #travel #haji #izin #umrah #paketumrah #polda

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts