Tes CPNS Dimulai Senin Depan, Ini ‘Bocoran’ Soalnya

Lowongan CPNS Kemenkumham, formasi buat Lapas sampai Keimigrasian
Tes CPNS. (Tempo)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Tes untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai digelar pada Senin 27 Januari mendatang. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2019 dilakukan hingga Februari 2020.

Plt Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengungkapkan kisi-kisi SKD CPNS tahun ini meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

“Dalam kategori itu ada pembahasan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara dan bahasa Indonesia,” kata Paryono, Sabtu (25/1), seperti dilansir laman Detik.com.

Ads

Kemudian kedua ada Tes Intelegensia Umum (TIU) mencakup kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural. Lalu ada Tes Karakteristik Pribadi (TKP) seperti pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi profesionalisme.

Sebelumnya, BKN telah mengumumkan seleksi kompetensi dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019 akan digelar serentak pada Senin 27 Januari 2020 mendatang.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono menjelaskan untuk titik lokasi (tilok) BKN Pusat ini akan tersedia 450 Personal Computer (PC) yang ditempatkan pada tiga ruangan yang berbeda untuk memfasilitasi 2250 peserta.

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan SKD setiap harinya terbagi maksimal 5 sesi, dan setiap sesi berlangsung 90 menit.

“Kepala BKN dijadwalkan akan membuka secara resmi pelaksanaan SKD di Kantor BKN Pusat pada pukul 08.00 WIB. Pada hari pertama pelaksanaan SKD tersebut, tilok BKN Pusat memfasilitasi SKD bagi peserta yang melamar formasi BKN dan BIN,” ujar Paryono dalam keterangannya. []

Ads