Ini Keunggulan Padi Sigupai yang Tumbuh Kembang di Abdya

Bupati Akmal Ibrahim didampingi,Asisten I,Kadis Pertanian dan Kabag Humas setdakab Abdya,Saat meninjau pembibitan di BBU Tangan-tangan. [Kanal Aceh/Jimi pratama]

Blangpidie (KANALACEH.COM) –  Bupati Aceh Barat Daya Akmal Ibrahim sangat merindukan pembibitan padi sigupai di Abdya terus tumbuh kembang.

Kerinduan Bupati Akmal atas kehadiran padi sigupai asli ini, menjadi sesuatu hal yang memang sudah lama dirinya dambakan. Sebab Abdya  yang pertama kali punya sejarah tentang bibitan sigupai, meskipun dulu sempat hilang.

“Seingat saya, sigupai ini sudah puluhan tahun merantau, hingga menumbuhkan kerinduan yang sangat dalam di hati. Dan hari ini sigupai sudah dibawa pulang, bahkan sungguh subur di bumi Abdya yang terkenal dengan ‘Breuh Sigupai’,” tutur Akmal saat meninjau pembibitan di BBU tangan-tangan, Senin (17/2).

Mereka melakukan pemeriksaan terhadap pertumbuhan sigupai hasil pemuliaan yang dinilai bagus itu. Sebutnya, butir sigupai ini rata-rata mencapai 400  hingga 450  biji per malai, sedangkan anaknya mencapai 15  hingga 20 batang, selain itu juga tahan terhadap penyakit dengan potensi hasil 10 sampai 15 ton per hektar.

“Saya sangat bangga sekali karna kita sudah memiliki bibit asli sigupai ini, selain harganya 10 ribu perkilo berasnya sangat wangi sekali beda dengan beras yang lain,” demikian pungkas Akmal. [Jimi Pratama]

Related posts