Jokowi Belum Beri Jawaban Soal Penyelesaian MoU Helsinki

Presiden Jokowi didampingi Plt Gubernur Aceh meninjau ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh. (Foto: Dani Randi)
--Ads--
loading...

Bireuen (KANALACEH.COM) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum bisa menjawab permintaan Mantan Petinggi Gerakan Aceh Merdaka (GAM) yang sempat menemuinya beberapa waktu lalu, untuk membahas butir-butir perjanjian damai antara RI dan Aceh.

Jokowi mengakui sudah bertemu dengan Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al Haytar, Mantan Panglima GAM Muzakkir Manaf, tokoh perjuangan GAM Darwis Jeunieb dan mantan GAM lainnya.

Mereka, kata Jokowi, sudah menyampaikan persoalan MoU Helsiniki yang belum terealisasi secara keseluruhan, meskipun sudah 15 tahun damai Aceh. Ia menyebutkan, agar diberi waktu untuk bisa menjawab persoalan butir-butir perjanjian damai tersebut.

Ads

“Beri waktu saya untuk menjawab, apapun ini akan didiskusikan dalam rapat terbatas yang selalu kita lakukan,” kata Jokowi saat menghadiri Kenduri Kebangsaan di Bireuen, Aceh, Sabtu (22/2).

Ia juga menegaskan akan segera menjawab permintaan para mantan petinggi GAM tersebut. “Jawabannya nanti akan saya berikan,” ucapnya.

Sebelumnya, pada Kamis, 13 Februari 2020, petinggi eks GAM menemui Presiden Joko Widodo untuk membahas berbagai persoalan Aceh, termasuk perjanjian antara RI dengan GAM di Helsinki, Finlandia 15 tahun silam.

Wali Naggroe Aceh Malik Mahmud Al Haytar mengatakan, ada beberapa poin Mou yang belum terealisasi. Sehingga pihaknya menagih janji tersebut ke Pemerintah Republik Indonesia.

“Ada beberapa poin di MoU yang belum selesai. Kami harap pemerintah selesaikan semuanya supaya berjalan baik,” ujar Malik Mahmud. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Aceh untuk memantau proyek jalan tol Sigli-Banda Aceh seksi IV, pada Jumat (21/2). . Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi menargetkan jalan tol tersebut dapat beroperasi pada lebaran 2020 nanti. Ia menyebut pembangunan jalan tol itu saat ini berjalan dengan lancar. . “Kata Pak Direktur (Hutama Karya) bisa katanya Insya Allah (digunakan saat Lebaran),” ujar Jokowi. . Kata dia, ruas tol Sigli-Banda Aceh seksi IV dibangun sepanjang 14 kilometer. Hanya saja, Jokowi belum bisa memastikan apakah ruas jalan tol itu beroperasi secara penuh atau fungsional. . Secara keseluruhan, ruas tol Sigli-Banda Aceh memiliki panjang 74 kilometer. Sementara, ia menyebut proses pembebasan lahan berjalan dengan lancar berkat semua pihak. . “Alhamdulillah tol Banda Aceh- Sigli pembebasan lahannya berjalan dengan sangat baik. Pihak Hutama Karya menyampaikan pembebasan (lahan) rampung, justru kontruksinya juga sudah,” ucapnya. . Pembebasan lahan itu, lanjut Jokowi, berkat kerjasama antara pihak bupati, Gubernur Aceh dan semua instansi yang terlibat dalam proses pembangunan jalan tol. . Jalan tol Sigli-Banda Aceh mulai dibangun pada akhir 2018. Atau sudah berjalan selama 14 bulan. Nilai investasi yang dikeluarkan sebesar Rp12,35 triliun. . Tol Sigli-Banda Aceh nantinya terdiri dari enam seksi, yaitu Padang Tiji-Seulimeum, Seulimeum-Jantho, Jantho-Indrapuri, Indrapuri-Blang Bintang, Blang Bintang-Kuta Baro, dan Kuta Baro-Baitussalam. [Randi] . 📸 @danirandii . #jokowi #jalantol #tol #aceh #sigli #bandaaceh #sibanceh #tolsiglibandaaceh #abdya #acehjaya #acehselatan #naganraya #acehbesar #gayolues #bireuen #pidie #pidiejaya #lhokseumawe #acehutara #langsa #acehtimur #sabang #takengon #subulussalam

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on