Waspada Virus Corona, IDI Aceh Minta Paramedis Siaga di Perbatasan

Ketua IDI Aceh (tengah) saat memberikan keterangan pers, soal kesiapsiagaan menghadapi wabah virus corona. (kanal aceh/randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, menyebut sudah menginstruksikan semua paramedis yang ada di perbatasan Aceh untuk lebih siaga, terhadap orang pendatang baru yang berkunjung ke wilayah perbatasan.

Hal ini untuk meminimalisir adanya pengunjung yang suspect terhadap virus corona yang sudah menyebar ke Indonenesia. Menurut ketua IDI Aceh, Dr dr Safrizal Rahman, daerah wilayah perbatasan Aceh rawan dimasuki oleh wisatawan asing, sehingga harus ada pemantauan dari pihak terkait.

“Wilayah perbatasan menjadi konsen kita juga, daerah itu sangat rawan dimasuki pendatang, sehingga harus ada kerja ekstra dan pelaporan. Para medis harus bersiaga,” kata Safrizal Rahman saat jumpa pers di kantor IDI Aceh, Senin (2/3).

Ads

Baca: Dua WNI di Indonesia Positif Virus Corona

Kemudian selain siaga, paramedis dan juga dokter yang ada di perbatasan harus aktif memberikan sosialisasi terkait bahaya virus corona, dan memberikan penyuluhan kepada warga untuk menjaga pola hidup sehat.

Pihaknya juga sudah menyurati setiap IDI yang ada di seluruh daerah Aceh untuk meningkatkan kewaspadaan, dan membentuk tim yang solid untuk pencegahan hingga menanggulangi, jika ada warga yang terdeteksi virus corona.

“Kita juga minta untuk mengidentifikasi, dan membuat berbagai macam skenario untuk menghadapi penyebaran virus ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif mengimbau masyarakat agar bersikap jujur bila ada gejala dan riwayat penyakit yang dialami. Kemudian, memeriksanya ke faslitas kesehatan.

“Kita imbau masyarakat segera periksa ke fasilitas kesehatan jika gejala demam, sesak nafas jika pulang dari luar negeri. Masyarakat juga harus jujur terhadap gejala dan riwayat penyakit yang dialami,” kata dr Hanif.

Pihaknya akan sekuat tenaga untuk mencegah dan siaga terhadap virus Corona. Masyarakat diimbau agar tenang tapi tetap waspada. Saat ini sudah ada dua rumah sakit untuk menangani jika ada pasien terkena virus Corona.

Kedua rumah sakit tersebut yaitu Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Banda Aceh dan Rumah Sakit Cut Mutia, Lhokseumawe. [Randi]

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Virus Corona Pengaruhi Jumlah Wisman ke Aceh Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin mengakui, wabah virus corona berdampak pada kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Aceh. . Ia menyebutkan, dalam waktu dekat ada dua kapal pesiar yang hendak menuju ke Sabang, tapi di batalkan, karena takut tertular wabah virus corona yang mulai merebak di sejumlah kapal pesiar. . Di kasus terakhir, kata Jamaluddin, kapal pesiar MS Artania yang mengangkut 1.200 wisatawan serta 520 orang kru, pada peretngahan Februari 2020, juga tidak diizinkan berlabuh di Sabang karena virus corana. . “Tentu efek dari virus ini sangat berdampak. Kemudian ada dua kapal pesiar lagi yang mau datang tapi dibatalkan, saya pikir ini juga efek virus corona,” kata Jamaluddin saat dikonfirmasi, Sabtu (29/2). . Keputusan menolak kapal pesiar yang akan merapat ke Sabang, kata dia, karena pihaknya tidak mau mengambil resiko, apabila ada wisatawan mancanegara itu yang suspect virus corona. . “Forkopimda Kota Sabang juga sudah memutuskan tidak menerima kunjungan kapal pesiar tersebut,” sebut Jamaluddin. . Ia menambahkan, pembatasan wisatawan mancanegara hanya diberlakukan untuk kapal pesiar. Sementara wisatawan yang masuk melalui bandar udara masih diizinkan, seperti melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar. . “Yang masuk lewat bandar udara diperiksa sesuai prosedur untuk mencegah virus corona,” jelasnya. . Kata Jamaluddin, untuk saat ini virus corona belum sampai ke Aceh. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk mengampanyekan kondisi Aceh hari ini ke dunia internasional agar wisatawan mancanegara tak khawatir mengunjungi provinsi paling barat Indonesia itu. [Randi] . .#corona #virus #crush #cruise #yacht #sabang #aceh #bandaaceh #acehsingkil #lhokseumawe #langsa #pidie #pidiejaya #bireuen #acehbesar #gayolues #acehtengah #acehtamiang #benermeriah #naganraya #acehselatan #subulussalam #acehbarat

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kanal Aceh (@kanalacehcom) pada