Waspada Corona, Pemeriksaan di Bandara SIM Diperketat

Maskapai yang buka rute baru ke Bandara SIM dapat insentif
Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar. (Wikipedia)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemeriksaan penumpang internasional di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, diperketat untuk pencegahan penyebaran virus corona. Penumpang juga diwajibkan mengisi health alert card sebelum keluar bandara.

“Kami memastikan seluruh pemeriksaan penumpang yang baru tiba dari luar negeri akan melalui pemeriksaan suhu tubuh. Maskapai juga akan menginformasikan kepada penumpang mengenai keharusan mengisi health alert card,” kata Executive General Manager Sultan Iskandar Muda Indra Gunawan seperti dilansir laman Detik.com, Selasa (3/3).

 

Ads

Menurutnya, pihak Bandara SIM meminta penumpang untuk mendukung pencegahan penyebaran virus Corona di Aceh. Upaya pencegahan bersama pihak terkait dilakukan secara maksimal.

“Pemeriksaan di Sultan Iskandar Muda tidak hanya dilakukan terhadap penumpang pesawat, namun juga terhadap hewan di terminal penumpang dan terminal kargo yang dilakukan oleh Balai Karantina,” jelas Indra.

Indra menyebut, pihak Angkasa Pura terus melakukan koordinasi secara intensif dengan Otoritas Bandara Wilayah II, Kantor Imigrasi, karantina tumbuhan, karantina ikan, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Instansi Keamanan, Rumah Sakit RSUZA dan stakeholder lainnya.

Selain itu, jelasnya, Bandara SIM telah dilengkapi berbagai sarana untuk melakukan monitoring dan pencegahan awal untuk penyebaran COVID-19. Di sana juga terdapat thermal scanner juga terdapat thermo gun, kapsul isolasi, hingga lebih banyak hand sanitizer dan pembagian masker secara berkala.

“Tim facilitation yang dipimpin oleh Kepala Dinas Perhubungan Aceh sudah diaktifkan sebagai wadah koordinasi di antara stakeholder di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda,” sebutnya.

Sementara itu, Manajer Operasional Angkasa Pura II Bandara SIM, Surkani, mengatakan, pengawasan di Bandara SIM ditingkatkan sesuai SOP. Namun untuk penumpang domestik belum dilakukan pemeriksaan dengan alat thermoscanner.

“Sampai saat ini belum ada instruksi terkait pengawasan penumpang domestik. Untuk kesiapan seandainya penumpang domestik harus dilakukan pemantauan suhu dengan alat thernascanner akan kita lakukan, tentunya kami selaku pengelola bandara akan berkoordinasi dengan KKP,” kata Surkani. []

Ads