Aminullah Berbagi pengetahuan Terkait Qanun LKS di Aceh Barat

Aminullah Berbagi pengetahuan Terkait Qanun LKS di Aceh Barat. (ist)

Meulaboh (KANALACEH.COM) –  Wali kota Banda Aceh yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh, Aminullah Usman tampil sebagai pembicara pada acara diskusi terbatas yang digelar MES Aceh Barat.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Coffee Morning ini dihelat Jumat (6/3) di Warung Kupi Apon, Jl Nasional Ujong Drien Meulaboh. Acara ini dipandu Wakil Ketua MES Aceh Barat, M Yunus Bidin.

Kepada 50 peserta yang hadir, yakni dari unsur MES, unsur pemuda, tokoh masyarakat dan akademisi, Aminullah berkesempatan memberikan transfer pengetahuan, terutama terkait Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang telah diamanahkan dalam Qanun Nomor 11 Tahun 2018 dimana konsep ekonomi di Aceh harus dijalankan dengan sistem syariah.

“Ini akan segera berlaku mulai tahun 2021, semua lembaga keuangan di Aceh, apakah Perbankan, Koperasi maupun Asuransi dan sejenisnya harus menjalankan sistem syariah,” ujar Aminullah.

Katanya, konsep syariah ini merupakan perintah Allah SWT kepada setiap umat Islam sebagaimana yang telah diperintahkan dalam Al-Quran dan Hadist.

Aminullah kemudian memaparkan sekilas tentang latar belakang mendirikan Lembaga Keuangan Mikro Syariah, PT Mahirah Muamalah Syariah (MMS) di Banda Aceh.

“Alhamdulillah di Banda Aceh kita telah membentuk lembaga keuangan PT MMS. Lembaga ini hadir, selain untuk menindaklanjuti Qanun Nomor 11 Tahun 2018, juga upaya mulai kita membebaskan masyarakat dari jeratan rentenir dan praktik riba,” ungkapnya.

Lanjutnya, dengan sistem ekonomi syariah, ekonomi umat akan jauh lebih berkembang. Indikasinya dapat dilihat dari apa yang telah dilakukan MMS, dimana pedagang kecil dan UMKM di Banda Aceh semakin berkembang karena bantuan pembiayaan sistem syariah yang diberikan MMS.

Karenanya, kepada para peserta kegiatan ini, Aminullah meminta mereka ikut menyosialisasikan kepada masyarakat agar segera beralih ke sistem syariah, setiap transaksi keuangan harus dilakukan sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan Islam.

Dalam kesempatan ini, Aminullah juga banyak menjawab berbagai pertanyaan dari para peserta, termasuk kiat-kiat kesuksesannya menghadirkan pelayanan publik di Banda Aceh.

Wali Kota kemudian menyampaikan, masyarakat berhak mendapatkan pelayanan excellent dari pemerintah. Aminullah menyampaikan dirinya terus meminta kepada aparatur Pemko Banda Aceh untuk melayani warga kota layaknya melayani raja.

Buah dari kerja keras tersebut kemudian mendatangkan berbagai penghargaan, yang terbaru adalah Penghargaan yang diserahkan Wakil Presiden, H Ma’ruf Amin kepada dirinya, yakni Kepala Daerah Pelopor Pelayanan Rumah Sakit Syariah. [Fahzian/rel] 

Related posts