Wabah Corona Bikin Jumlah Tamu Hotel di Aceh Merosot

Ilustrasi hotel. (Foto: Pegi-pegi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Virus corona dari China yang sudah mewabah diberbagai negara termasuk Indonesia, berimbas pada kunjungan wisatawan ke Indonesia. Tak terkecuali di Aceh.

Bahkan, gara-gara virus corona, membuat jumlah tamu yang menginap di penginapan maupun hotel yang ada di Aceh turun drastis sejak Februari 2020. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Aceh, Yusri mengakui, pihaknya juga merasakan dampak virus corona yang berimbas turunnya tamu hotel.

Menurut Yusri, hal itu terlihat dari turunnya jumlah penumpang yang ikut turun dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Rata-rata, tamu yang menginap di hotel berasal dari tamu yang turun dari Bandara.

Ads

“Tetap turun. apapun ceritanya, bandara aja kosong. Otomatis perjalanan ke Aceh turun juga. wisata lokal turun juga, karena orang malas berpergian. ini cukup terasa. rata-rata orang nginap di hotel dari penumpang pesawat,” ujar Yusri saat dikonfirmasi, Rabu,

Sejauh ini, jumlah wisatawan asing juga mulai turun. Kamar-kamar hotel di Aceh juga banyak kosong. “Nyaris tidak ada lagi wisatawan asing yang menginap di hotel,” ujarnya. [Randi]