Dinkes Aceh Bantah Direktur RSUZA yang Bilang Ada Pasien Suspect Corona

Ruang isolasi di RSUZA. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif membantah adanya pasien suspect corona yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh. Kata dia, pasien tersebut belum masuk ke tahap suspect, hanya saja pasien dalam pengawasan.

“Bukan suspect tapi pasien dalam pengawasan, kayak flu, pilek gitukan,” kata Hanif saat dikonfirmasi, Kamis (12/3).

Ia menjelaskan, awalnya ada 10 orang yang dirawat. Namun, 8 lainnya sudah dipulangkan ke rumah masing-masing. Sementara, dua orang lainnya masih dirawat. Kemudian sample swabnya sudah dikirim ke Litbangkes di Jakarta.

Pasien tersebut, kata dia belum masuk ke tahap suspect. Hanya pasien dalam pengawasan.  “Setelah kita rawat ternyata bukan suspect corona. Belum masuk ke suspect, masih dalam pengawasan,” ujarnya.

Pasien tersebut punya riwayat kunjungan ke Luar Negeri. Sehingga mereka mengalami sepertu flu dan pilek. Sehingga dirawat sementara di RSUZA.

Sebelumnya, Direktur RSUZA, Azharuddin menyebutkan ada dua orang pasien suspect corona yang sedang dirawat di ruang isolasi. Tapi, ia belum memutuskan apakah pasien tersebut positif atau negatif corona. Sebab, sample swab pasien tersebut masih diteliti oleh litbangkes.

“Iya ada (suspect 2 orang). Tapi belum positif. Kita masih menunggu hasil sample dari Litbangkes 2-4 hari lagi,” kata Azharuddin saat dikonfirmasi. [Rand]

Related posts