Jaga Jarak, Penularan Corona di Warkop Bisa Lebih Cepat

Warkop di Banda Aceh tutup mulai Isya hingga selesai Tarawih
Ilustrasi. (kompasiana)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif menimbau warga untuk tidak berramai-ramai untuk nongkrong di warung kopi. Menurutnya, jika ada satu orang yang terpapar Covid-19, akan lebih cepat menularkan ke manusia lainnya.

Ia tak menampik, saat ini banyak warga yang masih memenuhi warung kopi. Kemudian tidak menerapkan phsycal distancing. Sehingga, jika terus seperti itu, akan berpotensi menularkan virus corona, jika ada yang mengalami gejala.

“Itu penularan dari manusia ke manusia, dan penularan itu dari percikan air liur atau bersin, kalau ini terjadi penularannya lebih cepat karena orang selalu berkumpul,” ujarnya, Jumat (10/4).

Ia mengharapkan, warga tetap menerapkan physical distancing, untuk sama-sama memutus rantai penyebaran corona di Aceh. Ia tak ingin, Aceh sama dengan daerah lain di Pulau Jawa, yang jumlah kasusnya selalu meningkat.

Kata dia, saat ini di Aceh jumlah kasus positif tidak banyak dan tinggal satu orang lagi yang dinyatakan positif. Meski begitu, ia berharap ini waktu yang tepat untuk menghilangkan wabah corona dari Aceh, dengan memperhatikan Physical distancing dan pola hidup sehat.

Apalagi di Aceh tidak ada pembatasan sosial seperti di Jakarta.

“Kalau sempat nanti kasusnya banyak seperti di Jakarta, itu sudah bahaya dan tidak sanggup lagi kita pencegahannya, karena kasusnya terus bertambah,” ucapnya. [Randi]

Related posts