Pasien Sembuh Corona di Aceh: Jangan Remehkan Penggunaan Masker

Ilustrasi. (diadona)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pasien terakhir positif corona di Aceh berinisial AJ (60) tak kuasa menahan haru saat pihak Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA), Banda Aceh mengumumkan dirinya telah sehat dan negatif corona.

RSUZA menyatakan AJ, mulai hari ini, Senin, 13 April 2020 sudah bisa pulang ke rumahnya, setelah 20 hari menjalani perawatan di rumah sakit pelat merah itu. Kepulangannya juga diantar langsung oleh petugas medis ke rumahnya di Desa Lampaseh, Kota Banda Aceh.

AJ memiliki riwayat berpergian dari Padang, Sumatera Barat, dan transit ke Medan, lalu tiba di Banda Aceh pada 9 Maret 2020. Selama dalam perjalanan itu, ia mengakui bahwa kesehatannya biasa-biasa saja dan tidak ada gejala apapun.

Gejala itu muncul ketika ia memeriksa kesehatannya ke RSUZA. Lima hari di rawat, ia dibolehkan pulang, sembari menunggu hasil swab dari Jakarta tiba. Tak berselang lama AJ kembali mendatangi rumah sakit untuk memeriksa keluhan demam, batuk dan penyakit penyerta lainnya. Di waktu bersamaan hasil swab keluar, dan AJ dinyatakan positif corona.

AJ, bahkan tidak mengetahui kapan dan dimana ia terjangkit virus corona tersebut. Menurutnya, selama melakukan perjalanan ke luar kota, kondisi tubuhnya sehat.

“Awalnya saya tidak ada gejala apa-apa. Naik pesawatpun tidak ada apa-apa, kemudian hasil swab tiba-tiba positif. Dapatnya (tertular) itu saya tidak tau dimana, di jalan atau dimanalah,” kata AJ, saat hendak pulang ke rumahnya dari RSUZA.

AJ tidak sendiri. Virus corona yang telah menjangkitinya juga tertular ke istrinya IF (60). Hanya saja, sang istri sudah dinyatakan sembuh sepekan lalu.

Meski sudah dinyatakan sehat dan negatif corona, AJ berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Kata dia, meskipun badan sehat, bukan berarti tidak bisa terpapar virus corona. “Jangan percaya diri kalau kita ini sehat, datangnya ini (Virus Corona) kita tidak tahu, saya berpesan agar semua warga tetap mematuhi aturan kesehatan soal ini (covid-19). Usahakan keluar rumah harus pakai masker,” ujar dia.

Direktur RSUZA, Azharuddin, mengatakan AJ menjadi pasien positif corona terakhir yang ditangani pihaknya. Meskipun sudah sembuh, AJ tetap diwajibkan mengisolasi diri secara mandiri selama 14 hari.

Ia juga meminta warga untuk tetap waspada. Bukan tidak mungkin, kata dia orang yang sehat juga bisa tertular penyakit ini. “Jangan bangga dulu yang sehat, yang kita takutkan adalah, kita bisa menularkan kepada orang lain, meskipun kita merasa normal,” ujarnya. [Randi]

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Polsek Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyalurkan sembako ditengah wabah Covid 19, untuk meringankan beban masyarakat setempat, pada Jum’at (10/4). Sebab, akibat wabah ini membuat warga harus mengurangi aktifitas di luar rumah dan menjalankan aturan social distancing dan physical distancing. Kapolsek Manggeng, Iptu Barmawi, mengatakan selama ini, pihaknya terus mengimbau masyarakat agar mengurangi aktifitas di luar rumah, dan harus memakai masker bagi warga yang berpegian atau beraktivitas di luar . “Di wilayah hukum Polsek manggeng ini, kita tahu banyak warga kita yang masih kurang mampu, jadi selama ini kita sudah menghimbau agar mengurangi aktifitas diluar rumah. Hal itu membuat warga banyak yang merasakan kesulitan ekonomi,” katanya Barmawi menyebutkan pemberian sembako ini diberikan kepada masyarakat kurang mampu serta janda miskin. “Jadi kita tidak hanya menghimbau agar mengurangi aktifitas di luar rumah. Kita juga peduli dengan keadaan mereka,” sebutnya. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #sembako #abdya #polisi #tni #aparat #bantuan #warga #cegahcorona #antisipasi #wabahcorona

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kanal Aceh (@kanalacehcom) pada

Related posts