Soal Salat Tarawih di Aceh Tunggu Keputusan MPU

Jemaah shalat tarawih malam pertama di Masjid Raya Baiturrahman, Minggu (5/5). (Abdul Hadi/Humas Pemprov Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kebijakan apakah diadakannya salat tarawih pada bulan Ramadhan di tengah pandemi virus corona masih belum diputuskan.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan, tata cara pelaksanaan salat Tarawih pada bulan Ramadan saat ini masih menunggu keputusan MPU.

“Masalah bagaimana dalam kondisi Covid menghadapi Ramadan itu tupoksi MPU, kita sudah minta MPU keluarkan statmen apakah dalam bentuk tausiah atau tingkat fatwa,” kata Nova usai meresmikan PCR Balitbangkes Aceh, Kamis (16/4).

Soal pelaksanaan ibadah salat Tarawih, MPU Aceh juga nantinya perlu melihat Surat Edaran (SE) Kementerian Agama RI tentang tata cara pelaksanaan ibadah selama Ramadan.

“Ada bingkai kebijakan yang sudah diterbitkan oleh Kementerian Agama, yaitu surat Edaran Menag, berdasarkan payung surat itu, nanti MPU dengan memperhatikan kearifan lokal akan mengeluarkan statmen apakah itu dalam bentuk tausiah tertulis atau fatwa tertulis,” ucapnya.

Kata Nova, dalam rapat kemarin, Wakil Ketua MPU Aceh, Faisal Ali memang meminta waktu untuk melihat perkembangan di Aceh, kemudian baru memutuskan tentang tata cara pelaksanaan ibadah pada bulan Ramadan.

Nova berharap, keputusan tentang tata cara pelaksanaan ibadah pada Ramadan yang dikeluarkan MPU Aceh nanti sangat bijak dan diterima oleh masyarakat. Sehingga, mereka merasa nyaman dalam melaksanakannya. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Plt Gubernur Aceh tidak melarang warga untuk menyambut tradisi meugang di Aceh. Hanya saja, warga diharapkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan, imbauan itu ditujukan kepada masyarakat terutama yang bekerja sebagai pedagang daging sapi saat tradisi meugang sebelum Ramadan. Imbauan ini guna menghindari adanya kerumunan massa saat kegiatan meugang. “Saya pikir protokolnya sama seperti yang lain, (tahun ini) tidak dilakukan meugang seperti biasanya, meugang mungkin ada dalam hati kita dengan prosesi sesuai protokol kesehatan,” kata Nova usai meresmikan Lab PCR, Kamis (16/4). Ia menjelaskan, protokol kesehatan yang dimaksud adalah menjaga jarak atau physical distancing, menggunakan masker saat berjualan dan berdagang dan lain sebagainya. Nova juga mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan masker kain. “Kita mengimbau masyarakat menggunakan masker non medis, tetapi masker kain. Pengadaannya pelan-pelan dijalankan,” jelas Nova. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #pemko #tradisi #meugang #kesehatan #bulanpuasa #masker #maskernonmedis #antisipasi #cegahcovid19

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts