Hilal Tak Terlihat, Sebagian Warga Abdya Mulai Puasa Besok Sabtu 25 April

Hilal tak terlihat di Aceh
Proses menentukan hilal. (Kanal aceh/Randi)
--Ads--
loading...

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Sebagian masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menjalankan ibadah puasa pertama pada Sabtu, (25/4). Hal ini sesuai hasil keputusan pantauan hilal, dan juga pembahasan sidang isbat oleh tim Rukyatul Hilal Abdya.

“Jadi hasil kesepatakan sidang, puasa pertama jatuh pada hari Sabtu,” kata Teungku Azhar, pimpinan sidang isbat di Masjid Jamik Blangpidie, Jumat (24/4).

Keputusan ini setelah tim melakukan pantauan hilal di sejumlah titik yakni tiga lokasi di Abdya yang meliputi Kecamatan Manggeng, Kecamatan Lembah Sabil dan Kecamatan Susoh.

“Namun Hilal tidak terlihat,” ujar Azhar. Jadi hasil kesepatakan sidang, puasa pertama jatuh pada hari Sabtu.

Ads

Namun, bedasarkan pantauan Kanalaceh.com sejumlah masjid dan musalla dibeberapa lokasi sudah melaksanakan salat tarawih tidak terkecuali Masjid Agung Abdya, di Desa Seunaloh Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya. [Jimi Pratama]

 

View this post on Instagram

 

Unsubscribe from updates Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pengikut aliran Thariqat Syattariah Habib Muda Seunagan atau Abu Peleukung di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, hari ini, Kamis (23/4) sudah melaksanakan ibadah puasa ramadan. Mereka juga sudah melaksanakan salat tarawih pertama pada Rabu semalam, di Masjid Syaikuna, Desa Ujung Pasi, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya. Jemaah Thriqat Syattariah, Muklis Yuslan mengatakan, menurut perhitungan hilal pihaknya, jadwal pelaksanaan puasa tahun ini lebih cepat dari penghitungan yang dilakukan oleh Pemerintah. Begitupun hari raya Idul Fitri, pengikut Thariqat Syattariyah Habib Muda Seunagan, juga dipastikan lebih awal. Hanya saja, sebagian pengikut ajaran itu justru mengikuti jadwal pemerintah. “Ada yang mengikuti Abu Peuleukung Habib Muda Seunagan, sebagian mengikuti Pemerintah, makanya antara dua tidak jauh berbeda cuma tidak seberapa selisih (hari), makanya kami ini mengikuti Thariqat puasa lebih awal,” kata Yuslan. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang#pengikut #habib #berpuasa #lebihawal #thariqat #taraweh #bulansuci #bulanpuasa #ramadhan

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Ads