Aksi Darwati Evakuasi Wanita Hamil yang Terjebak Banjir

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Anggota DPRA dari PNA, Darwati A Gani mengevakuasi seorang wanita yang sedang hamil dari dalam rumahnya yang kebanjiran, di Keutapang, Darul Imarah.

Darwati bersama geuchik dan tokoh setempat mengevakuasi warga, yang didalamnya terdapat anak-anak dan wanita hamil ke Gedung SD Keutapang. Dilokasi itu, kata Darwati ketinggian air mencapai satu meter lebih.

“Dilokasi itu, debir air begitu tinggi sekitar 1,20 cm atau sedada orang dewasa,” ujar darwati A. Gani, Jumat, 8 Mei 2020.

Pihaknya juga mendapatkan informasi dari timnya, bahwa kawasan perbatasan Aceh Besar kawasan pegunungan Geureute, Gunung Paroe dan Gunung Kulu terjadi beberapa titik longsor, tanah gembur yang bercampur bebatuan dari gunung. Untuk itu, ia meminta warga yang melintas tetap waspada.

Hal serupa juga cukup mengkhawatirkan, kata dia seperti di kompleks Perumahan Gampomg Neuheun, Gampong Labuy Kecamatan Mesjid Raya.

Menurutnya dari data yang diterimanya, air yang tak berhenti turun dari pengunungan ikut menbawa serta batu gajah dan bebatuan lainnya, yang dikhawatirkan akan menghantam dinding rumah warga kompleks Budha Suci, Kompleks Jacky Chen di Gampong Neuheun, dan Kompleks Arab Charity di Labuy.

“Hal ini tak bisa dipungkiri akibat pemotongan kayu HTI diatas pengunungan Labuy dan Neuheun serta Ujong Batee dan pengambilan batu Galian C yang terjadi secara luas dan continue terjadi sejak pasca tsunami hingga hari ini,” ujar Darwati. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

BANDA ACEH (KANALACEH.com) – Tiga pasien yang tengah di rawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh terpaksa dievakuasi, karena ruang tersebut digenangi banjir. Direktur RSUZA, Azharuddin mengatakan, tiga pasien tersebut di pindah dari ruang Pinere ke RICU. Meski begitu, semua pasien dalam kondisi aman dan baik. “Benar, ada tiga pasien yang dipindah ke ruang sebelah. Pasien aman semuanya,” ujarnya. Ia menjelaskan, semua ruangan yang ada di poliklinik pinere RSUZA rata-rata terendam banjir. Kecuali, ruang RICU dan IGD lama. Sebab, lokasi ruangan itu tinggi dan bebas banjir. “RICU dan ruang thalassemia yang aman, tinggi bebas banjir,” ucapnya. selanjutnya baca di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #banjir #airmeluap #rsuza #airtergenang #ruangisolasi #evakuasi #pasiencorona #bencanaalam #banjirbandaaceh

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts