Longsor dan Banjir Terjang Kawasan Lhoong Aceh Besar

Banjir mengikis badan jalan di Kawasan Lhoong Aveh Besar. (ist)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Intensitas hujan yang tinggi di Aceh Besar, mengakibatkan terjadinya longsor dan banjir di Desa Geuntet, Kecamatan Lhoong Aceh Besar, Sabtu (16/5).

Banjir juga menggenangi rumah warga di daerah setempat, dengan ketinggian air mencapai 30 cm hingga 1 meter. Kepala BPBA, Sunawardi mengatakan, kejadian itu di akibatkan derasnya hujan di wilayah Aceh Besar.

“Akibatnya sungai krung kala meluap sehingga terjadi banjir dan longsor dengan ketinggian air mencapai 30 cm sampai 1 meter,” katanya melalui keterangannya.

Ia mengatakan, enam unit rumah warga ikut terendam. Sementara longsor terjadi di badan jalan menuju arah tempat wisata air terjun Suhom.

Tak hanya itu, banjir juga merendam 60 hektare area persawahan warga, dan terkikis nya biram jalan penghubung desa dan jalan nasional akibat deras nya air dan material lonsor.

“BPBD Aceh Besar pada saat kejadian langsung melakukan penanganan, pendataan, mengawasi dan melakukan himbauan kepada masyarakat untuk antisipasi banjir,” kata dia. Namun, hingga sore tadi, air mulai surut. [Randi]

Related posts