Jamaah Salat Idul Fitri 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman Membludak

Salat Idul Fitri 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jamaah salat Idulfitri 1441 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman membludak hingga ke halaman masjid, pada Minggu (24/5). Bahkan, jamaah rela salat beralaskan rumput di masjid.

Pantauan dilokasi, jamaah sudah hadir mulai pukul 06:30 WIB, di setiap sudut pintu masuk masjid dijaga aparat gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri, untuk memantau jamaah yang tidak pakai masker.

Masjid yang menampung sekitar 25 ribu jamaah itu, juga menyediakan masker gratis bagi jemaah yang datang tidak membawa masker.

Aparat kepolisian bahkan menutup akses jalan menuju Masjid Raya Baiturrahman, yang digunakan untuk menampung kendaraan jamaah.

(kanal Aceh/Randi)

Pelaksanaan salat Idulfitri juga tidak menerapkan jarak antarshaf. Shaf jamaah rapat seperti biasa. Wastafel juga disediakan di semua pintu masuk masjid lengkap dengan sabun cuci tangan. Perlengkapan serupa juga ada di tempat wudhuk.

“Shalat Idul fitri tetap dilaksanakan di masjid atau lapangan pada hari ini, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19,” kata Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Alidar.

Khutbah salat idul fitri hanya berlangsung 10 menit. Setelah itu jamaah membubarkan diri sekitar pukul 08:15 WIB. Ada juga sebagian warga memilih tetap berada di masjid, untuk berkumpul bersama rekannya berswafoto dan silaturahmi. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ruas jalanan di Kota Banda Aceh dipadati pengendara, meskipun tidak ada aktivitas takbir keliling seperti tahun sebelumnya. Pantaun di kawasan Simpang Lima, Jambo Tape, Simpang Surabaya, Pasar Aceh hingga jalan depan Masjid Raya Baiturrahman dipadati pengendara baik roda empat maupun roda dua. Rata-rata pengendara ingin melihat suasana malam takbiran khususnya di depan Masjid Raya Baiturrahman, yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya peserta takbir keliling. Namun, tahun ini tidak digelar karena untuk menghindari penularan virus corona (Covid-19). Begitupun di kawasan Pasar Aceh, pedagang dan pembeli membludak hingga mengakibatkan kemacetan di kawasan itu. Petugas gabungan juga berjaga di lokasi Pasar Aceh untuk menghindari adanya kerumunan. Setiap masjid di Banda Aceh tetap mengumandangkan takbir dari dalam masjid tanpa adanya jamaah yang berkerumunan. Selengkapnya klik di www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #malamtakbiran #iedmubarak #idulfitri #patroli #konvoi #polisimiliter #tni #masjid #keramaian

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts