Haji 2020 Dibatalkan, Ada CJH asal Abdya Sudah Puluhan Tahun Menunggu

Ilustrasi, Jemaah Haji Aceh 2019 saat tiba di Bandara SIM. (Foto: Dani Randi)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat Daya (Kankemenag Abdya), Suryadi Anwar mengatakan sebagian calon jemaah haji sudah menunggu sejak lama agar bisa menunaikan ibadah haji tahun ini, namun gagal karena wabah corona.

“Sebagian dari calon jemaah haji tahun 2020 yang gagal berangkat ini sudah menunggu sejak 10 tahun lalu ada yang mendaftarkan diri sepuluh tahun. Kalau kita pikir-pikir sayang sekali,”kata Suryadi Anwar, Kamis (4/6).

Suryadi mengatakan, pembatalan keberangkatan calon jemaah haji tahun 2020 ini merupakan kebijakan Kementerian Agama Republik Indonesia, yang mengacu pada aturan pemerintah Arab Saudi tentang menutupan akses pendatang sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami di Abdya ada sebanyak 64 calon jemaah haji tahun 2020 ini gagal berangkat, mereka terdiri dari laki-laki 43 orang dan perempuan 21 orang,” ujar Suryadi.

Suryadi menjelaskan, pemerintah Arab Saudi tidak memberikan akses kepada pendatang lantaran resiko yang sangat besar, calon jemaah haji kebanyakan sudah berusia lanjut dan sangat rentan tertular penyakit, sebab itu keberangkatan calon jemaah haji di batalkan untuk tahun ini.

“Tidak hanya jemaah kita di Aceh saja, namun juga jemaah seluruh dunia tidak bisa menunaikan ibadah haji tahun ini,” ujar Suryadi.

Meski batal berangkat tahun ini, Suryadi memastikan calon jemaah haji tahun 2020 ini akan berangkat haji, namun jadwalnya saja yang bergeser yakni pada tahun depan atau tahun 2021.

“Mereka berangkat tahun depan dan yang sudah mendaftar tahun 2021 berangkatnya tahun 2022, terus begitu atau jadwalnya berganti,” ucapnya. [Jimi Pratama]

Related posts