Kata Kadisdik Aceh Singkil Soal Fasilitas Pendidikan di Pulau Terluar Memprihatinkan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil Khalilullah. (ist)
--Ads--
loading...

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Potret buruk pengelolaan pendidikan di daerah kepulauan disorot Tim Pansus I, saat Paripurna DPRK Aceh Singkil dengan agenda Penyampaian Laporan Pansus Pengawasan Jalannya Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan tahun anggaran 2019.

Usai kunjungan ke Pulau Banyak Barat tepatnya di SD Negeri Ujung Sialit, Tim Pansus mendapati tidak adanya aktifitas belajar mengajar layaknya proses belajar di sekolah daratan.

Disekolah tersebut tidak ditemukan adanya proses belajar mengajar, yang ditemukan hanya ada satu kelas anak – anak berkumpul dengan satu orang dewasa yang mengaku sebagai tenaga relawan dari Indonesia Mengajar.

Ads

“Bahkan menurut warga sekitar dan anak – anak disekolah tersebut mengaku bahwa kondisi buruk ini telah bertahun mereka alami tanpa ada solusi yang diberikan Pemda Aceh Singkil,” kata Bainudin Ondo saat membacakan laporannya.

Bertahun – tahun anak – anak di sekolah tersebut merasakan tidak adanya guru, ruangan yang kumuh serta mobiller pendukung belajar yang buruk.

“Ini salah satu potret buruk pengelolaan pendidikan dari Pemerintah yang katanya mengusung visi cerdas,” ungkap Ondo.

Selain SD Negeri Ujung Sialit, SMP Negeri Pulau Banyak Barat kondisinya juga cukup memprihatinkan. Pasalnya tanah lokasi SMP tersebut belum dibayar oleh Dinas Pendidikan.

Belum lagi terdapat bangunan SMP yang terbengkalai serta fasilitas dan tenaga pengajar yang masih minim menyebabkan kurang maksimalnya proses belajar mengajar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, Khalilullah menyampaikan terima kasih atas laporan Pansus tersebut. Menurutnya hal ini menjadi catatan dalam perbaikan sektor pendidikan khususnya di wilayah kepulauan.

“Kami berterima kasih atas laporan pansus tersebut, ini menjadi catatan kita bersama untuk perbaikan pendidikan yang lebih baik,” kata Khalilullah, Rabu (3/6).

Dinas Pendidikan kata Khalil tidak dapat bekerja sendiri tanpa didukung oleh Stakeholder. Guna lebih detail mencari solusinya, Khalil menambahkan agar di RDP-kan (rapat dengar pendapat) dengan komisi yang membidangi pendidikan. [Khadafi]

Ads