Sejumlah Bangunan Rusak Akibat Gempa 4,8 SR di Sabang

Rumah rusak di Sabang. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gempa berkekuatan 4,8 skala richter mengguncang kota Sabang, Provinsi Aceh tadi pagi, Kamis (4/6). Dalam peristiwa itu enam unit rumah dilaporkan mengalami kerusakan.

Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, dari analisis pihaknya, gempa di Sabang diguncang gempa bumi tektonik yang berkekuatan 4,8 skala richter. Episenter terletak di darat pada jarak 5 km Tenggara Banda Aceh pada kedalaman 10 km.

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar sumatera pada segmen Aceh,” kata Djati saat dikonfirmasi.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Sabang, Banda Aceh dan Aceh Besar. Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang, Muhammad Amin mengatakan, gempa yang mengguncang Sabang mengakibatkan 3 rumah rusak berat dan 3 rusak ringan.

Rumah yang rusak itu, kata dia berada di pinggir pantai. Pihaknya masih melakukan pendataan terkait jumlah kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut. Untuk sementara, belum ada ditemukan korban jiwa.

“Ada ruko yang rusak parah. Nanti datanya kembali kita update, ini masih kita data lagi. Korban jiwa tidak ada,” katanya. [Randi]

Related posts